Kaitan Menyusui dan Millenium Development Goals (MDGs)

Menyusui memiliki sejuta manfaat yang dirasakan bukan hanya oleh ibu yang menyusui dan bayi yang menyusu. Manfaat aktivitas menyusui juga dirasakan oleh keluarga, lingkungan hingga negara. Ternyata menyusui bisa mendukung tercapainya berbagai tujuan dalam MDGs. Inilah kaitan menyusui dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang dipublikasikan dalam laman http://worldbreastfeedingweek.org/.
TUJUAN 1: Menghapuskan kemiskinan dan kelaparan
Menyusui secara eksklusif selama 6 bulan dan meneruskannya hingga 2 tahun akan berkontribusi memberikan asupan yang sehat dengan kualitas energi serta gizi yang baik bagi anak sehingga membantu memerangi kelaparan dan kurang gizi. Menyusui adalah pemberian makan pada bayi dan anak yang paling hemat. ASI adalah makanan berkualitas yang bisa dijangkau oleh siapapun tanpa membebani perekonomian keluarga yang berbeda dengan susu formula.

TUJUAN 2: Pencapaian tujuan pendidikan dasar
Menyusui dan pemberian MPASI yang tepat menunjang persiapan belajar anak. Menyusui dan memberikan MPASI yang berkualitas terbukti mencegah kekerdilan, meningkatkan perkembangan mental sehingga membantu anak mudah belajar.MDGs ASI

TUJUAN 3: Meningkatkan kesetaraan gender dan emansipasi perempuan
Menyusui memberikan kesempatan yang sama bagi anak untuk mendapatkan nutrisi terbaik tanpa memandang jenis kelamin. Perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan baru akan terjadi ketika masa MPASI. Biasanya perbedaan pemilihan makanan-terkait-jenis kelamin baru akan terjadi ketika masa MPASI. Menyusui adalah hak unik yang hanya dimiliki oleh perempuan dan harus dilindungi oleh masyarakat, misalnya dengan undang-undang terkait maternitas.

TUJUAN 4: Mengurangi angka kematian anak
Hanya dengan menyusui bisa mengurangi 13% kematian anak dan ditambah 7% dengan pemberian MPASI yang berkualitas baik. Sebanyak 50-60% kematian pada anak dibawah umur 5 tahun terjadi karena malnutrisi yang diakibatkan oleh pemberian MPASI yang buruk dengan menyusui yang tidak optimal.

TUJUAN 5: Memperbaiki tingkat kesehatan ibu
Menyusui terbukti mengurangi perdarahan setelah melahirkan sehingga ibu lebih terlindungi dari anemia, mencegah kanker payudara, kanker indung telur (ovarium), kanker endometrium dan osteoporosis. Menyusui bisa memperpanjang jarak antar-kehamilan sehingga menurunkan risiko melahirkan anak terlalu dekat.

TUJUAN 6: Melawan penyebaran HIV/AIDS, malaria dan penyakit-penyakit lain
Pemberian ASI eksklusif disertai pengobatan antiretrovirus pada ibu serta bayi terbukti menurunkan transmisi HIV dari ibu ke bayi hingga level sangat rendah.

TUJUAN 7: Memastikan terciptanya lingkungan yang berkelanjutan
Menyusui sangat ramah lingkungan karena tidak berkontribusi memberikan beban limbah pabrik, sampah plastik, sampah aluminium serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil atau kayu bakar.

TUJUAN 8: Membangun kerjasama global untuk pembangunan
The Global Strategy for Infant and Young Child Feeding menciptakan kolaborasi multisektoral dan membangun kerjasama antar departemen untuk mensukseskan berbagai program menyusui dan pemberian makanan bayi.
Sudah tidak ragu lagi untuk memberi dukungan terhadap proses dan aktivitas menyusui? Mari segera berikan dukungan dan bantuan agar ibu bisa menyusui dengan tenang, nyaman dan lancar. Salam Menyusui.***
Sumber: http://aimi-asi.org/