AKREDITASI RUMAH SAKIT, UPAYA RSUD dr. HARYOTO TINGKATKAN PELAYANAN PASIEN

Akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan publik melalui Badan Nasional Akreditasi Rumah Sakit atas prestasi rumah sakit dalam memenuhi standar akreditasi yang diakui melalui asesmen pakar sebar (peer) dan eksternal yang independen. Oleh karena itu, RSUD dr. Haryoto menggelar Survei Simulasi Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 yang bertempat di Ruang Pertemuan Lt. II RSUD dr. Haryoto, (16/2). Acara ini dihadiri oleh Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag, Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes dan didampingi oleh direktur RSUD dr. Haryoto, dr. Indrayudi Kresna Wardhana.

Berdasarkan tingkat kelulusan akreditasi rumah sakit versi 2012 ada 4 tingkatan, yaitu tingkat dasar, madya, utama dan paripurna. Paripurna merupakan tingkat kelulusan tertinggi yang dapat diraih oleh rumah sakit. Rumah sakit dengan tingkat paripurna menunjukkan telah lulus atas 15 penilaian program kerja, diantaranya akses dan kontinuitas pelayanan, manajemen pemberian obat, pendidikan pasien dan keluarga serta keselamatan pasien.

Suvey simulasi ini diawali pemaparan tentang Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012 oleh dr. Samsul Arifin dari Tim Surveiyor KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). Akreditasi ini bertujuan agar rumah sakit lebih menghormati hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra. Selain itu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan bahwa di era IT ini kita harus siap menghadapi dahsyatnya bentuk masukan dan kritikan. “Kuncinya harus ikhlas, dasarkan pekerjaan kita ini dengan ikhlas, jadikan kritik sebagai pemicu kita meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien”, tegasnya.

RSUD dr. Haryoto kini sudah mulai berbenah, baik dari sarana prasarana maupun dalam bentuk pelayanan kepada pasien. Sebagaimana penjelasan Bupati, “Kondisi rumah sakit ini sudah mulai bagus dan nyaman, sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat, akan lebih bagus lagi jika bentuk pelayanan rumah sakit mulai dari penerimaan sampai penanganan pasien terus ditingkatkan,” jelas Bupati As’at.

Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan pelayanan, secara simbolis Bupati Lumajang didampingi Wakil Bupati beserta direktur RSUD dr. Haryoto menandatangani Komitmen dan Konsisten untuk Mengembangkan serta Melaksanakan Program Patient Safety.

 

https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHKMfA%3D%3D

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang