Akselerasi Program UKS

Pengertian, Dasar Pelaksanaan, dan Pentingnya Akselerasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui tiga kegiatan pokok yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut meliputi aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif pada semua jenjang pendidikan dari tingkat Taman Kanak – Kanak sampai  Sosialisasi UKS di Sekolahtingkat Sekolah  Lanjutan. Program tersebut juga dilaksanakan di pondok pesantren melalui program pesantren sehat. Selain tujuan diatas, Program UKS merupakan upaya strategis untuk menanamkan sikap dan membentuk pola hidup serta perilaku hidup bersih sehat pada anak sekolah sebagai sasaran program mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa. Melalui upaya tersebut  yang merupakan program investasi, diharapkan di masa mendatang ketika mereka dewasa maka secara spontanitas akan melaksanakan pola hidup bersih sehat yang akan berimbas besar pada peningkatan kualitas SDM dan pembangunan kesehatan.

Sekolah UKS merupakan standart pelaksanaan program UKS yang dapat diukur dengan adanya SK Tim Pelaksana, ruangan UKS, guru UKS, kader kesehatan dan pelaksanaan kegiatan UKS disekolah, sedangkan tingkat kwalitas sekolah UKS adalah dimulai dari strata UKS minimal, standart, optimal dan paripurna. Sebagai ujung tombak pelaksanaan upaya untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal pada anak didik dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dan SDM yang berkualitas , maka semua sekolah seharusnya tidak saja berlabel sebagai sekolah UKS tetapi lebih dari itu harus ada upaya peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan gerakan dari seluruh masyarakat sekolah dan sekitarnya serta upaya pengembangan dan inovasi dengan memperhatikan kemampuan dan potensi yang ada di sekolah.

Pada kenyataannya pelaksanaan program UKS di sekolah masih belum maksimal, kondisi ini dapat dilihat dari keberadaan jumlah sekolah dan kader UKS yang masih kurang Hal ini menyebabkan pelaksanaan dan hasil program UKS kurang maksimal sehingga perlu dilaksanakan upaya inovasi melalui program akselerasi yang merupakan program percepatan pelaksanaan kegiatan UKS dengan memanfaatkan dan mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh sekolah dengan melibatkan seluruh peran aktif lintas program dan lintas sektor serta unsur TP UKS baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;
  2. Undang-undang No.38 Tahun 2007 tentang Pembagian Kewenangan antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota;
  3. Undang – undang  No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  4. Undang – undang  No. 23 Tahun 2002  tentang Perlindungan Anak
  5. Surat Keputusan Bersama 4 menteri, antara lain:    Menteri Pendidikan Nasional (Nomor 1/U/SKB/2003);  Menteri Kesehatan (Nomor 1067 / Menkes/SKB/VII/2003); Menteri Agama (Nomor: MA/230 A/2003); Menteri Dalam Negeri (Nomof: 26 Tahun 2003) – Tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS
  6. SK Bupati Lumajang No 118.45/227/427.12/2011 tentang Tim Pembina UKS  Kab. Lumajang

Salah Satu Kegiatan UKSDalam rangka memantapkan dan mengembangkan program UKS Dinas Kesehatan Kab. Lumajang melaksanakan akselerasi pelaksanaan dan capaian program UKS.Kegiatan ini secara khusus bertujuan antara lain untuk :

  1. Meningkatkan kerjasama dan peran lintas sektor dalam upaya pemantapan dan pengembangan program UKS.
  2. Meningkatkan peran Sektap UKS dalam memberikan pembinaan, bimbingan dan pengawasan pelaksanaan program UKS di sekolah.
  3. Meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas pada anak usia sekolah.
  4. Meningkatkan kualitas sekolah UKS

Sedangkan bentuk kegiatan berupa sosialisasi Program Akselerasi UKS dan Pembinaan Sektap kecamatan. Beberapa hal dilakukan pada sosialisasi, antara lain dalam bentuk :

  1. Diskusi dan presentasi  untuk mengenali dan menginventarisir potensi yang ada di semua jenjang pelaksanaan program UKS baik di tingkat sektap kabupaten, sektap kecamatan dan di sekolah dalam hal Manajemen, Sumber daya manusia dan sarana prasarana pada  pelaksanaan program UKS.
  2. Penyusunan upaya perencanaan tindak lanjut pelaksanaan dan pengembangan program Akselerasi UKS di tingkat kabupaten, kecamatan dan khususnya di sekolah.

 

 

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang