Aksi Sehat Prolanis

Aksi Sehat Prolanis Puskesmas Kedungjajang

KEDUNGJAJANG – Banyak aksi promkes yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari balita sampai lansia (lanjut usia). Salah satunya yaitu kegiatan prolanis. Kegiatan prolanis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menanggulangi penyakit kronis, diantaranya yaitu penyakit tidak menular (PTM), seperti Hipertensi dan Diabetes Mellitus. Kegiatan ini diikuti oleh para lansia dengan usia 60 tahun keatas dengan membawa kartu jamkesmas.

Kegiatan aksi sehat prolanis di Puskesmas Kedungjajang dilakukan di 12 Desa dan setiap 1 bulan terdapat 3 desa dengan kegiatan prolanis. Aksi sehat yang dilakukan berupa pemeriksaan (Tekanan Darah, Kadar Gula, BB, TB), penyuluhan, dan senam prolanis. Aksi sehat ini di pandu dan instruktur dr. Siti Fatmawati (sebagai penyuluh) dan Ninik Wagiati (sebagai instruktur senam).

Prolanis Puskesmas Kedungjajang

Dari 12 desa yang sudah dilakukan kegiatan aksi sehat prolanis di bulan maret 2016 diantaranya Desa Krasak, Bence dan Bandaran yang dilakukan di Balai Desa. Antusias para lansia untuk mengikuti kegiatan prolanis ini sangat bersemangat sekali, dilihat dari kesediaannya untuk datang meskipun rumahnya jauh dari balai desa sebagai tempat pelaksanaan prolanis. Semangat yang di punyai para lansia ini untuk mewujudkan kehidupan yang bahagia, berguna dan bermutu dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sekitar.

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan adalah meningkatnya usia harapan hidup (meningkatnya umur harapan hidup dari 70,7 tahun menjadi 72 tahun). Seiring dengan pertambahan usia, terjadi perubahan anatomi, fisiologi, biokimia, psikologis dan sosial yang menyebabkan penurunan tingkat produktivitas dan fungsi sistem organ dengan meningkatnya penyakit degeneratif atau Penyakit Tidak Menular (PTM).

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang