Mengukur Tingkat Kepuasan Masyarakat pada Suatu Instansi Pelayanan

Maju dan berkembangnya sebuah instansi pelayanan ditentukan oleh tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat pada instansi tersebut.Tingkat kepuasan yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat memiliki beberapa indikator yang saling berkaitan antara lain: 1.Persyaratan; 2.Lingkungan;3.Keahlian; 4.Sarana Prasarana

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan tersebut, membutuhkan kerja sama lintas program dan lintas sektor guna menjamin kepercayaan masyarakat pada layanan publik yang dikelola oleh sebuah instansi. Menyikapi upaya pemberian layanan yang optimum pada bidang kesehatan, Dinas kesehatan bersama lembaga survey IAIS Lumajang bekerja sama untuk memberikan pembekalan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilaksanakan

Senin, 14 November 2016 di gedung pertemuan Semeru Pemkab Lumajang. Peserta yang menghadiri acara tersebut adalah pengelola program IKM se-Puskesmas Kabupaten Lumajang. Kegiatan Pembekalan tersebut menghadirkan tenaga akademis yang merupakan salah satu Dosen di Universitas Jember Dr. Hari Sukarno, MM serta tim IT IAIS Lumajang. Dr. Hari Sukarno, MM menjelaskan bahwa survey kepuasan masyarakat adalah salah satu alat untuk mengevaluasi kinerja suatu layanan publik, sehingga mampu menjadi penyedia layanan yang diharapkan masyarakat.

Survey IKM merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi berdasarkan gejala atau fenomena yang berkembang di masyarakat. Semakin tinggi tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh berdasarkan survey IKM, menunjukkan tingkat kepercayaan yang besar dari masyarakat. Survey IKM diperoleh dengan berbagai metode diantaranya melalui kuisioner, indepth-interview, observasi dan wawancara terstruktur.(awe)