Bahaya Kosmetik

Beberapa Ciri Pemutih yang Berbahaya bagi Kesehatan

Kosmetik dalam kehidupan wanita masa kini adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan , apalagi belakangan ini penilaian masyarakat terhadap wanita cantik mengalami pergeseran.Beberapa tahun yang lalu cantik identik dengan tubuh yang proporsional, dan untuk saat ini cantik diidentikkan dengan kulit putih dan bersih.
Sehingga kebanyakan para wanita bersedia melakukan berbagai cara demi mendapatkan kulit putih dalam waktu singkat, meskipun kadang – kadang cara yang digunakan relatif kurang aman.Bahaya Kosmetik Tidak Sehat

Namun sebagai konsumen kita harus cerdas  dan selektif dalam memilih produk kosmetik yang akan kita pakai, jangan asal memakai kosmetik karena efek putih instan yang akan kita dapatkan, tetapi juga harus mempertimbangkan keamanan suatu produk yang akan kita pakai.
Berikut beberapa ciri pemutih wajah yang berbahaya:

  1. Tidak memiliki label halal / nomer izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
    BPOM  adalah badan yang memiliki otoritas untuk menentukan sehat tidaknya sebuah produk, layak tidaknya sebuah produk digunakan. Krim pemutih wajah berbahaya tidak akan memiliki izin BPOM, jika anda ragu akan sebuah produk yang memiliki nomor registrasi BPOM anda bisa cek di website resmi BPOM www.pom.go.id/webreg/
  2. Tekstur krim pemutih yang berbahaya biasanya lengket ditangan yang merupakan indikasi adanya campuran bedak , dan tidak rata ( ada bagian yang warnanya berbeda) serta kasar.
  3. Warna krim yang mengkilap dan tidak wajar, jika kita menemui krim pemutih yang warna putih / kunngnya terlampau mengkilat , anda patut curiga dengan tingkat keamanan produk tersebut.
  4. Efek Penggunaan krim pemutih wajah yang berbahaya ini bisa bervariasi , antara lain kulit menjadi pucat , terlihat tidak alami, timbul rasa perih serta panas di wajah , penggunaan yang menimbulkan ketergantungan ( jika krim tidak dipakai , akan timbul efek tertentu diwajah), efek penggunaan krim muncul sangat cepat biasanya hanya dalam hitungan hari atau minggu  dapat terlihat hasilnya maka bisa dikatakan krim ini mengandung efek berbahaya dari merkuri dan hidrokuinon.
  5. Aroma yang menyengat dari krim yang tidak biasa, seperti bau logam dapat dipastikan krim tersebut berbahaya.Banyak produsen krim yang menyamarkan bau tersebut dengan menambahkan aroma parfum pada krim.
  6. Kulit memerah saat terkena sinar matahari.Kulit yang lapisannnya sudah terkikis oleh krim berbahaya, biasanya akan memerah saat terkena sinar matahari karena tidak mempunyai perlindungan. Tidak timbul jerawat sama sekali pada wajah bisa disebabkan karena lapisan kulit epidermis telah rusak, kulit tidak mengandung pigmen dan melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi paparan sinar matahari , sehingga jasad renik maupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar dengan bahan kimia, termasuk nyamuk sekalipun.

SUMBER: Kosmetikberbahaya.com , www.pom.go.id

2 thoughts on “Bahaya Kosmetik

  1. Terimakasih banyak atas artikelnya, ijin bantu share juga dampak dampak buruk radiasi elektromagnetik terhadap kesehatan manusia, terutama dampak buruk bagi anak anak, yang sekarang sudah pada menggunakan handphone, tablet, smartphone, dsb, bisa di cek disini http://www.indonesu.co.id/blog
    biar makin banyak masyarakat kita yang sadar akan dampak buruk radiasi, sehingga lebih bijak dalam menggunakan perangkat telekomunikasi digitalnya.
    salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang