BIASAKAN JAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEJAK USIA DINI

Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan. Mulut bukan sekedar untuk pintu masuknya makanan dan minuman tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan tidak banyak orang menyadari besarnya peranan mulut bagi kesehatan seseorang. Kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam menunjang kesehatan seseorang.

Banyaknya kasus caries gigi dan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membawa anak- anak mereka cek up gigi tiap 6 bulan di fasilitas kesehatan sebagai upaya peningkatan cakupan program Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat (UKGM), menjadi dasar bagi Puskesmas Gucialit dalam melaksanakan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut bagi guru PAUD (KB dan TK) se kecamatan Gucialit. Kegiatan tersebut dilaksanakan di  PKBM Berkobar Desa Kenongo Kecamatan Gucialit pada Selasa (24/4/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Puskesmas Gucialit, dr.Ima Rifiyanti, diikuti oleh Peserta berjumlah 30 orang terdiri dari guru Paud dan TK di Kecamatan Gucialit. Dalam sambutannya, dr. Ima menyampaikan perlunya penanaman budaya dan perilaku sehat sejak dini. “Hal ini karena sasaran usia dini ( PAUD ) yang merupakan usia golden periode yaitu usia 2- 6 tahun adalah investasi emas bagi penanaman budaya, perilaku dan karakter”, jelasnya.

Peserta dengan seksama menyimak materi Kesehatan Gigi dan mulut yang disampaikan oleh Drg. Sufi Az zahroh dari Puskesmas Gucialit. Harapannya, para peserta dapat mengajarkan kepada para anak didiknya untuk membiasakan menyikat gigi secara teratur sehingga nantinya terhindar dari penyakit gigi dan mulut.

Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa agenda kegiatan tahun 2018 dan usulan program tahun 2019. Agenda kegiatan yang tercetus diantarnya pembuatan media kesehatan sebagai bahan ajar untuk memberikan edukasi kepada siswa TK dan PAUD. Selain itu, ada agenda WISATA KESEHATAN (berkunjungan ke Puskesmas) dalam rangka lebih mendekatkan diri petugas maupun layanan puskesmas kepada masyarakat. (Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang