Headline

Cegah KLB Keracunan Makanan, Puskesmas Pasirian Lakukan Pembinaan Warung Sehat

Cegah Risiko KLB Keracunan Makanan, Puskesmas Pasirian Lakukan Pembinaan Warung Sehat

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Pada umumnya manusia makan tiga kali sehari, dengan berbagai macam cara mendapatkan sumber makanan, seperti dengan memasak sendiri, catering, warung, atau cara lainnya. Seperti yang dilakukan banyak orang yang bekerja di siang hari, mereka biasanya memilih makan siang dengan mengunjungi rumah makan atau warung.

Wilayah Kecamatan Pasirian, sebagai sebuah wilayah dengan  pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Kabupaten Lumajang, tidak terlepas dari geliat pertumbuhan usaha rumah makan. Di Pasirian banyak berdiri warung dan rumah makan yang diminati oleh masyarakat. Berbagai jenis makanan tersedia disana. Hal ini selain berdampak sangat positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga dapat berpotensi menimbulkan dampak kesehatan masyarakat, khususnya potensi penyebaran penyakit dan masalah kesehatan masyarakat karena makanan (food borne disease)pembinaan-warung-sehat-puskesmas-pasirian

Untuk menenekan risiko terjadinya penularan dan penyebaran penyakit karena makanan, Puskesmas Pasirian memandang penting dilakukan pembinaan pada warung dan rumahmakan yang ada ada di wilayah Puskesmas Pasirian. Pembinaan ini antara lain dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian pengelola warung dan rumah makan pada cara pengelolaan makanan yang sehat. Selain itu pembinaan juga dimaksudkan untuk mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) karena makanan.

Kegiatan pembinaan pada pemilik warung dan rumah makan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2016 bertempat di ruang pertemuan Puskesmas Pasirian. Pada kesempatan ini, dr. Miftachul Ulum selaku Kepala Puskesmas Pasirian mengatakan bahwa peserta dalam kegiatan ini bukan berarti warungnya tidak sehat, tetapi harapannya adalah pemilik warung yang dibina ini menjadi contoh bagi warung-warung yang lain.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Moh. Riyan Basofi, S.KM., selaku pengelola program Kesehatan Lingkungan Puskesmas Pasirian. Ia memaparkan kasus keracunan makanan yang pernah terjadi. Selain itu ia juga menyampaikan materi mengenai pentingnya Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman yang harus diterapkan oleh pengusaha makanan atau pemilik warung. Higiene Sanitasi Makanan jika diterapkan dengan baik akan dapat mencegah terjadinya keracunan makanan. Perlu adanya kesadaran dan pembiasaan yang dilakukan terus menerus oleh pemilik warung agar prinsip dasar higiene sanitasi makanan dan minuman dapat diterapkan dengan baik.

Pemaparan materi kedua dilakukan oleh pengelola program gizi kesehatan masyarakat (Sulismariyani, A.MG), yang menyampaikan 5 Kunci Keamanan Pangan. Juga disampaikan tips memilih garam yang beryodium kepada seluruh peserta. Peserta tampak antusian melakukan pemeriksaan garam menggunakan iodina test (mr_bas).

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang