CERMAT PAS MELALUI PEMANFAATAN TOGA

Pemberdayaan masyarakat di bidang pengobatan tradisional saat ini masih rendah, terutama penggunaan ramuan/jamu yang berasal dari tanaman obat yang banyak tumbuh di lingkungan masyarakat. Salah satunya di wilayah kerja Puskesmas Gucialit yang termasuk daerah sangat sesuai untuk mengembangkan Taman Obat keluarga (TOGA) yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat ramuan tradisional/jamu oleh masyarakat. Oleh sebab itu, Puskesmas Gucialit mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengkonsumsi obat herbal melalui kegiatan Penyuluhan Pemanfaatan TOGA, dalam rangka tindak lanjut Sosialisasi CERMAT PAS (Cerdas Menggunakan Obat dan Pangan Aman Sehat).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Gucialit Kecamatan Gucialit, pada Selasa (27/3/2018) tersebut,  dihadiri oleh TIM CERMAT PAS Kecamatan, TIM CERMAT PAS Desa Gucialit serta ketua RT dan kader terpilih sebagai percontohan pemanfaatan TOGA yang berjumlah 50 peserta. Pertemuan yang dibuka oleh Camat Gucialit, Yudi Prasetiyo, S.STP menyampaikan agar fasilitasi program yang dilakukan oleh Puskesmas Gucialit dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat, mengingat wilayah Kecamatan Gucialit kaya akan tanaman obat keluarga.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gucialit yang bertindak sebagai narasumber berharap, kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai awal teredukasinya masyarakat akan rasionalitas terapi alternatif (pijat, pressure, obat herbal, dll) sebagai pelengkap/komplementer bagi terapi medik.

Diharapkan Tanaman obat keluarga sebagai hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. (Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang