DASI MAT JAJANG BERMOTIF PISANG DARI DESA UMBUL LUMAJANG

Rabu (25/01) bertempat di Balai Desa Umbul Kecamatan Kedungjajang digelar acara launching gerakan “Dasi Mat Jajang Bermotif Pisang (Desa ASI Kecamatan Kedungjajang Bertujuan Memotivasi Para Ibu Sadar Kasih Sayang)”. Kegiatan Desa Umbul ini adalah bentuk kerjasama antar lintas sektor, dan merupakan yang pertama kali di kabupaten Lumajang, sehingga dapat dijadikan sebagai desa percontohan untuk desa-desa yang lain khususnya di wilayah Kabupaten Lumajang.

Gerakan tersebut dilatarbelakangi oleh pencapaian program ASI Eksklusif di Puskesmas Kedungjajang pada tahun 2016 sangat jauh dari target yang ditentukan, yakni sebesar 59% dari target minimalnya sebesar 70%. Kondisi tersebut diikuti dengan ditemukannya kasus gizi buruk di wilayah kerja Puskesmas Kedungjajang sebesar 9 penderita, dimana diantaranya 7 penderita berlatar belakang tidak mendapat ASI Eksklusif. Berdasarkan kasus tersebut pihak Kepala Desa Umbul berinisiatif dan berinovasi mencetuskan sebuah gerakan yang dapat meminimalisir dampak dari gizi buruk terutama dikarenakan kurangnya pemberian ASI Eksklusif.

Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag menjelaskan bahwa dulu desa Umbul ini merupakan desa yang paling rendah atas kesadaran ibu-ibunya tentang pentingnya ASI Eksklusif. Namun saat ini, dengan adanya gerakan “Dasi Mat Jajang Bermotif Pisang”, Desa Umbul menjadi desa yang paling unggul tentang ASI Eksklusifnya. Sasaran dalam gerakan ini adalah ibu hamil, ibu menyusui, remaja perempuan dan ibu yang memiliki balita.

Selain itu, dalam gerakan tersebut memiliki 3 (tiga) kegiatan utama, yang pertama Kelas ASI yaitu kegiatan memberikan pengetahuan tentang menyusui ASI Eksklusif, kedua kelas ibu hamil dengan tujuan memberikan penyuluhan tentang gizi ibu hamil dan ketiga kelas remaja perempuan yaitu ditujukan kepada remaja perempuan khususnya yang putus sekolah diberikan arahan agar nantinya memiliki wawasan dan pengetahuan tentang ASI eksklusif dan gizi dikala sudah menikah nanti.

Ny. Tutuk As’at selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang menambahkan dalam sambutannya bahwa khusus untuk para bapak-bapak khusunya di desa Umbul ini harus ikut mendukung dan menjaga ASI eksklusif kepada istrinya agar anaknya bisa mengkonsumsi ASI eksklusif dari ibunya dengan lancar dan menjadi anak yang sehat. Serta mengucapkan terimakasih dan mendukung penuh gerakan Dasi Mat Jajang Bermotif Pisang ini. Diharapkan juga untuk desa-desa yang lainnya khusunya di Kabupaten Lumajang semua berjalan Program ASI Eksklusif ini, sehingga tercipta generasi yang sehat dan kuat, Lumajang pun menjadi sehat, ujar Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang.