Desa PAMAN, Desa Pangan Aman

Desa PAMAN, Desa Pangan Aman Kabupaten Lumajang

Upaya penyediaan pangan yang aman bagi masyarakat desa tentunya harus melibatkan masyarakat itu sendiri. Tujuannya agar masyarakat desa dapat mengerti, misalnya bagaimana mencegah penyalahgunaan bahan kimia.

Salah satu upaya yang diinisiasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah pengembangan Desa Pangan Aman yang selanjutnya disebut Desa PAMAN, sebuah program pendampingan sekaligus evaluasi dan penilaian pemahaman serta perkembangan keamanan pangan atas usaha pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta bersama masyarakat Desa.Desa Siaga Pangan

Kabupaten Lumajang pada tahun 2016 terpilih menjadi sasaran dalam program PAMAN dengan wilayah kecamatan yang terpilih diantaranya Kecamatan Pasirian di Desa Pasirian dan Desa Condro, Kecamatan Senduro, Desa Kandangtepus dan Desa Burno, Kecamatan Pasrujambe, desa Jambekumbu.

Tujuan dilaksanakannya desa PAMAN adalah untuk mewujudkan kemanan pangan hingga tingkat perseorangan, meningkatkan daya saing melalui peningkatan keamanan dan mutu produk pangan yang dihasilkan di desa dan menjadi model kegiatan pemberdayaan keamanan pangan yang sesuai dengan kearifan lokal daerah setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan pertama kali yaitu pembinaan Tim Desa oleh BPOM di Dinas Kesehatan. Tim dibekali dengan pengetahuan tentang keamanan pangan dan rencana kegiatan pada masing-masing desa terpilih. Jadwal selanjutnya yaitu penyelenggaraan pemeriksaan produk pangan desa dan identifikasi permasalahan dan potensi melalui survey pada indutri makanan dan kantin sekolah untuk kemudian dikembangkan melalui perencanaan oleh kelompok yang telah dibentuk.

Dari rangkaian kegiatan dan hasil yang diperoleh, nantinya desa akan diikutkan dalam lomba Desa Pangan Aman di Tingkat Jawa Timur dan Desa Terbaik akan mewakili Provinsi Jawa Timur dalam Anugerah Desa Pangan Tingkat Nasional. (LUA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang