Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 52 Wujudkan Lumajang Sehat, Untuk Indonesia Kuat

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (2005–2024) menetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat Kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan Preventif dan Promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

peringatan-hkn-52-dinkes-lumajangTantangan kesehatan saat ini, bahwa Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Menurut Global Burden of Disease 2010 dan Health Sector Review 2014, kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular, yaitu Stroke menduduki peringkat pertama. Dengan demikian, trend ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat. Tentunya, hal ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa kita.Usia produktif yang besar dan seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan akan terancam apabila derajat kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat. Dalam mengatasi hal ini, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan.Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada perilaku individu.Yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

hkn-ke-52-kabupaten-lumajangSenin 14 November 2016, Pemerintah Kabupaten Lumajang merayakan Hari Kesehatan Nasional dengan Upacara pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan berprestasi dan penyerahan ambulance kepada 21 Desa. Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lumajang dan petugas dari Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit umum dan swasta yang ada di Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan ini, diberikan penghargaan bagi tenaga kesehatan berprestasi, antara lain :

  1. Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Kabupaten Lumajang Tahun 2016
  2. Tenaga Kesehatan Teladan RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang Tahun 2016
  3. Juara 3 Inovasi Petugas Promosi Kesehatan Tingkat Jawa Timur
  4. Juara 2 Inovasi Pembuatan Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat (Video Spot) Tingkat Jawa Tinur
  5. Juara I Putra dan Putri Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang
  6. Juara Harapan I Pelaksana Desa   Siaga Aktif Tingkat Jawa Timur
  7. Pelaksana PIN terbaik Kabupaten Lumajang Tahun 2016
  8. Industri Rumah Tangga Pangan penerima Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Surabaya
  9. Poskestren Purnama Mandiri dengan Inovasi Terbaik Tk.Kab.Lumajang Th. 2016

Setelah pemberian penghargaan, Bupati Lumajang menyampaikan sambutan dari Menteri Kesehatan terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional 2016. Diharapkan pada HKN kali ini, masyarakat dapat berperilaku hidup sehat dengan cara yang mudah antara lain, mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, aktifitas fisik setiap hari, dan cek kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit menular dan penyakit tidak menular di masyarakat.(Abdil)