Headline

Dinkes Menyambut Hari Kanker Sedunia

Bersama  BKOR-PIPPM dan Komunitas Gemess, Dinkes Lumajang Peringati Hari Kanker Sedunia

Tanggal 19 Pebruari 2016 kemarin, Dinas Kesehatan Kab. Lumajang punya gawe, peringatan hari kanker sedunia. Dan bukan kebetulan, jika kegiatan ini berbarengan dengan momen peringatan hari ulang tahun Balai Kesehatan Olahraga Dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR-PIPPM) dan ulang tahun komunitas Gemar Mengayuh Sepeda Sehat (GEMESS) Dinkes Lumajang. Ketiganya – Penyakit Kanker-BKOR-PIPPM-dan Gemess, saling terkait dalam hal pencegahan Penyakit Tidak Menular.Kadinkes Membagikan leaflet cegah kanker

Sebagaimana kita ketahui, penyakit Kanker merupakan salah satu jenis Penyakit tidak menular yang sangat mematikan (selain penyakit jantung, diabetes mellitus, dan penyakit paru obstruktif kronis). Berbagai program yang dilaksanakan BKOR-PIPPM bermuara pada deteksi dini dan peningkatan kebugaran masyarakat. Demikian juga kegiatan bersepeda sehat komunitas GEMESS. Keduanya bersinergi kuat meningkatkan daya tahan tubuh yang bermuara mencegah faktor risiko munculnya berbagai penyakit tidak menular, termasuk kanker.

Wakil Bupati Lumajang memberangkatkan gowes CERDASKita harus memahami akan satu hal, bahwa berbagai jenis penyakit tidak menular yang muncul merupakan titik akhir dari perjalanan faktor risiko yang tidak terkendali yaitu faktor risiko perilaku (seperti kebiasaan merokok, diet yang tidak seimbang, perilaku minum alkohol dan kurangnya aktifitas fisik). Beberapa perilkau ini akan menjadi faktor risiko perantara terjadinya hipertensi, hiperglikemia, obesitas dan hiperlipidemia, yang pada akhirnya akan menuju pada titik akhir timbulnya penyakit-penyakit diatas.

Berangkat dari hal tersebut, menjadi sangat masuk akal jika pengendalian penyakit tidak menular akan jauh lebih efektif jika dilakukan pada upaya promotif dan preventif untuk mencegah faktor risikonya.

Pada momen peringatan hari kanker sedunia ini,dilakukan beberapa kegiatan, seperti bersepeda CERDAS, pengukuran faktor risiko penyakit tidak menular, dan donpembagian pita dan leaflet cegah kankeror darah. Mengambil tempat utama di halaman kantor Dinas Kesehatan, peserta bersepeda sehat, yang diikuti berbagai komunitas bersepeda dan organisasi profesi, disambut dengan tarian selamat datang dari Bugar Team Dance Dinas Kesehatan.

Sebelum bersepeda sehat, sambutan selamat datang dan informasi tujuan kegiatan, diantaranya disampaikan ketua panitia dan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lumajang (dr. Triworo Setyowati). Kemudian bendera start dikibarkan oleh ketua pembina Mahameru Cycling Club (MCC) Lumajang yang sekaligus Wakil Bupati Lumajang Bpk. dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes.

Dengan mengambil rute seputar kota, gowes ini dikemas lain, dengan peserta gowes melakukan pembagian leaflet “CERDAS”-Cegah Kanker dengan Berperilaku Hidup Sehat-kepada masyarakat.Lokasi pembagian leflet diantaranya di sekitar pasar besar Lumajang. Juga dilakukan siaran keliling penyuluhan mencegah kanker. Dan kita dapat melihat, pengunjung dan pedagang pasar antusias menyambut kegiatan ini. Kegiatan serupa juga dilakukan di perempatan Adipura. Penyuluhan dan pembagian leaflet CERDAS dilakukan pGowes Cerdas bersama Kadinkes Lumajangada Pengendara yang berhenti di traffict light Adipura ini.

Sementara di halaman kantor Dinkes Lumajang, kegiatan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular dilakukan oleh Persagi (Persatuan Ahli Gizi) dan Labkesda Lumajang, dengan pengukuran tekanan darah, cek gula darah acak, serta konsultasi gizi. Juga dilakukan   donor darah oleh Palang Merah Indonesia Cabang Lumajang.

Diharapkan momen peringatan hari kanker sedunia ini, dapat berkelanjutan dan menjadi inspirasi masyarakat untuk selalu berperilaku sehat. Dengan melakukan aktifitas fisik berolahraga rutin, menghindari asap rokok, serta secara berkala melakukan cek kesehatan, maka faktor risiko kanker dan penyakit tidak menular lainnya dapat dihindari, cepat diketahui dan tepat dikelola sejak dini  … (JR )
 
 

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

One thought on “Dinkes Menyambut Hari Kanker Sedunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang