Geliat Posyandu Saras Sehat

Menua Sehat Bugar Bersama Posyandu Saras Sehat …. Sambung Rasa Sehat

Minggu pagi yang cerah, kerumunan ibu dan bapak yang sudah lanjut usia berkumpul dengan menggunakan seragam olahraga lengkap dengan sepatunya. Para ibu dan bapak sepuh ketika berpapasan saya tanyakan mau kemana, ternyata mereka bersama akan meLansia Sehat 1ngikuti kegiatan posyandu lansia yaitu kegiatan rutin yang dilakukan setiap satu bulan sekali di minggu ke empat, tergerak untuk mencari informasi lebih lanjut ternyata ibu dan bapak yang sudah berumur lanjut bersama ke posyandu lansia saras sehat (sambung rasa sehat).

Kegiatan tersebut berdasarkan informasi yang didapatkan dari penggerak kegiatan ini, yaitu ibu drg Rina Dwi Astutik.  Posyandu lansia saras sehat ini mulai aktif pada akhir tahun 2015. Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya kegiatan lansia yang ada di lingkungan RW 25 Kelurahan Tompokersan yang didapatkan data bahwa setelah dipetakan dalam pendataan keluarga, wilayah RW ini merah Lansia Sehat 2karena adanya lansia yang tidak melakukan aktifitas di luar rumah termasuk posyandu lansia. Selain itu juga dilatarbelakangi oleh tanggungjawab profesi ibu drg. Rina sebagai dokter keluarga untuk memajukan atau menyehatkan lingkungan sekitarnya khususnya para lansia, sehingga dalam kegiatan posyandu lansia pun dilakukan kerjasama dengan BPJS, yaitu kegiatan prolanis (program lansia sehat).

Kegiatan posyandu saras sehat para lansia datang jam 6 pagi, diawali dengan pendaftaran dan pengisian daftar hadir lalu mereka ditimbang berat badannya, diukur tinggi badannya,kemudian senam bersama yaitu senam lansia yang juga mendatangkan instruktur senam dari dinas kesehatan, lalu ada juga kegiatan pemeriksaan laboratorium yang secara berkala dengan mendatangkan petugas dari laboratorium kesehatan Lumajang,yang biayanya ditanggung secara swadaya oleh para anggota posyandu lansia tersebut. Pemeriksaan laboratorium biasanya adalah cek kholesterol, asam urat dan pemerikaaan gula darah. Pemeriksaan tensi dan pengisian KMS juga Lansia Sehat 3dilakukan sehingga para lansia dapat mengetahui status gizinya dan status tekanan darahnya. Setiap kali juga dilakukan penyuluhan kesehatan dengan berbagai topik yang up to date. Sisi lain kegiatan posyandu ini menjadi ajang silaturahmi bagi para anggota posyandu yang kebanyakan dari mereka adalah para pensiunan.

Ponyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Posyandu lansia memang menjadi salah satu program kegiatan dinas kesehatan dalam meningkatkan kualitas hidup para lansia sehingga meski di usia senja para lansia tetap mandiri, sehat dan bugar swhingga bisa menua bahagaia bersma keluarga.

Kegiatan posyandu saras sehat ini semoga dapat menjdikan inspirasi bagi posyandu-posyandu  lansia lainnya untuk terus berkembang secara mandiri guna meningkatkan kualitas hidup lansia (LDL)

2 thoughts on “Geliat Posyandu Saras Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.