GEBYAR PELANGI SIAP KOMPETISI TINGKAT PROVINSI

GErakan Bersama masYARakat PEduli anak baLita dAN Gizi Ibu hamil atau yang disebut dengan GEBYAR PELANGI menjadi sebuah gerakan masyarakat Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun yang berkonsentrasi pada penanganan masalah ibu hamil dan anak balita. Penentuan konsentrasi gerakan ini berawal dari masalah yang ditemukan dari proses Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan oleh Forum Masyarakat Desa (FMD) beserta kader kesehatan desa. Adapun prioritas masalah yang telah ditetapkan dalam proses Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Yosowilangun Lor, antara lain kasus balita/ anak gizi buruk, kasus ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), dan  dana swadaya kegiatan posyandu yang rendah.

Desi LumajangTiga masalah yang telah diprioritaskan dalam MMD ini selanjutnya ditindak lanjuti melalui berbagai inovasi kegiatan. Adapun inovasi kegiatan dimaksud antara lain : 1) Kelas Gizi, 2) Pengembangan Perpusdes “Tunas Harapan”, 3) Kegiatan “Ben Berkah” sebagai wujud pengembangan tabumil, dan 4) Kegiatan Dapur Duafa. Sasaran dari berbagai kegiatan inovasi tersebut yaitu ibu hamil dan keluarganya, keluarga balita serta seluruh masyarakat desa. Melalui keempat inovasi kegiatan Desa Yosowilangun Lor ini diharapkan berbagai masalah dari Desa Yosowilangun Lor dapat diatasi secara mandiri sebagai wujud pelaksanaan program Desa Siaga Aktif.

Terlaksananya strategi pelaksanaan inovasi kegiatan Desa Yosowilangun Lor melalui kerjasama lintas sektor terkait dan pemberdayaan masyarakat serta pengembangan potensi lokal Desa Yosowilangun Lor menjadi modal awal dalam akselerasi perwujudan inovasi kegiatan Desa Yosowilangun Lor. Hal tersebut dibuktikan melalui keberhasilan inovasi kegiatan Desa Yosowilangun yang mampu menurunkan 75% kasus balita/ anak gizi buruk dan 85% kasus ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK), serta meningkatkan 100% dana swadaya upaya kesehatan di Desa Yosowilangun Lor. Desa Siaga Lumajang

Mengacu pada capaian diatas, strata Desa Yosowilangun Lor meningkat dari awal tahun 2015 yang berstrata purnama menuju strata mandiri di awal tahun 2016. Segala keberhasilan dari perwujudan Desa Siaga Aktif di Desa Yosowilangun Lor menjadi bukti nyata bahwa berbagai masalah kesehatan dapat dipecahkan secara mandiri melalui peran serta dan tanggung jawab berbagai pihak. Guna menjaga keberlanjutan dari keberhasilan program Desa Siaga Aktif  di tahun 2015, Desa Yosowilangun Lor membentuk GARDA SIGRAK (GERakan SaDAr Sehat Indah Gotong Royong Apresiatif dan Kreatif) di awal tahun 2016 yang terwujud melalui proses evaluasi dari gerakan sebelumnya. (MEC)