Penting Diketahui tentang Penyakit Virus Zika

Dua bulan ini beberapa media cetak dan elektronik memiliki headline yang sama tentang penyakit virus zika. Penyakit ini sebenarnya merupakan re emerging disease atau penyakit yang muncul kembali. Berikut kumpulan info tentang penyakit zika untuk anda ketahui.

Asal Penyakit Virus Zika

Penyakit zika dinamai berdasarkan asal muasal munculnya penyakit ini yaitu di hutan Zika, Uganda. Penyakit ini berhasil diisolasi pada tahun 1947 dari seekor monyet di hutan Zika. Di tahun 1952 ditemukan kasus pertama di Uganda dan Republik Tanzania.all about zikaEpidemiologi Penyakit Zika

Dengan mobilisasi penduduk yang tinggi antar benua, pada tahun 1977 – 1978 didapatkan laporan terjadinya penyakit zika di negara Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Pada tahun 2007 dilaporkan telah terjadi KLB penyakit zika di daerah Mikronesia kemudian tahun 2013 beralih ke Yap dan Polinesia di samudra Pasifik dan terjadi pula KLB di daerah tersebut. Hingga pada tahun 2015 sampai di Negara Brazil, Kolombia dan Afrika Selatan. Terjadi KLB penyakit Zika juga di negara tersebut dengan perkembangan yang cukup sporadis. Hingga saati ini sudah 24 negara di benua amerika dan 3 negara di benua eropa telah melaporkan kejadian penyakit zika.

Virus zika termasuk golongan flavivirus dan ditularkan melalui gigitan nyamuk jenis aedes yang biasa menggigit di pagi dan sore hari. Di daerah tropis penularan melalui gigitan nyamuk kebanyakan oleh nyamuk aedes aegypti, nyamuk yang sama dengan penyebab sakit DBD, chikungunya dan yellow fever.

Perkembangan Penyakit Zika di Indonesia

Pada tahun 1981 laporan tertulis peneliti dari Australia menyebutkan bahwa ada pasien yang terkena virus zika setelah berkunjung ke Indonesia. Tahun 2013 laporan yang diterbitkan oleh peneliti Australia mengatakan ada pasien terkena virus Zika setelah sembilan hari berkunjung ke Jakarta. Laporan Lembaga Eikjman virus zika yang ditemukan dalam KLB DBD di Jambi pada desember 2014 – April 2015 telah berhasil diisolasi. Dari suspek DBD yang diperiksa dengue negatif lalu diperiksa virus lain menggunakan metode PCR dan ELISA ditemukan positif zika.

Dari keterangan Kementerian Kesehatan Indonesia menyebutkan bahwa hingga saat ini penyakit zika belum masuk ke Indonesia walaupun banyak media memberitakan bahwa penyakit zika telah masuk ke beberapa daerah di Indonesia. Karena hingga saat ini kementerian kesehatan Indonesia belum menerima adanya laporan kejadian penyakit zika di seluruh wilayah Indonesia.

Sumber : http://www.who.int/mediacentre/factsheets/zika/en/