Dinkes Gelar Pelatihan Jurnalis Warga

Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dengan difasilitasi Kinerja –USAID menggelar kegiatan pelatihan Jurnalis warga untuk daerah replikasi Usaid Kinerja Jatim. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 11-12 Juni 2015, bertempat di Akademi Keperawatan Kabupaten Lumajang.

Sekitar 25 orang peserta dari Komunitas Masyarakat Peduli Kesehatan (KMPK) Yosowilangun dan Rogotrunan serta Kelompok Kerja Masyarakat Peduli Kesehatan (Pokja MPK), mengikuti acara pelatihan Jurnalis warga ini. Acara dipandu langsung oleh Firmansyah dari media specialist Kinerja, dan Yayan Sakti Suryandaru dari Universitas Airlangga.jurnalis warga

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Dr. Bayu Wibowo mengatakan isu-isu penting bisa terpublikasi ke masyarakat melalui media yang dilakukan oleh jurnalisme warga, dan berharap mereka bisa mengawal janji dan rekomendasi perbaikan pelayanan publik di daerah replikasi USAID-Kinerja Kabupaten Lumajang.

Menurut Firmansyah dalam menulis suatu berita, harus menguasai rumus 5W+1H diantaranya What (Apa), Who (Siapa) Where (Di m ana) When (Kapan) Why (Kenapa)How (Bagaimana). Sementara salah satu peserta pelatihan jurnalis warga, Mardiyanti mengutarakan niatnya untuk menjadi penulis. “Saya ingin menjadi penulis yang baik, dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Tujuannya untuk menjadikan kejadian yang aktual, penting, serta menarik bagi sebagian besar masyarakat. Serta mengangkat kepentingan masyarakat,” tutur wanita berparas cantik ini.(IR-JW)