LUMAJANG SIAP RAIH PREDIKAT KABUPATEN SEHAT KE-5 KALINYA

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Pusat berkunjung ke Lumajang dan diterima langsung oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag dan Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes serta dihadiri Tim Forum Lumajang Sehat (FLS) di Panti PKK, Selasa (12/9) malam.

Kunjungan rombongan dari Kementerian KLHK, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri tersebut terkait dengan keikutsertaan Lumajang dalam Lomba Kabupaten Sehat 2017. Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/kota yang bersih, nyaman, sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai dengan terselenggaranya beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah. Penyelenggaraan Program Kab/Kota sehat dilakukan berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

Ketua Forum Lumajang Sehat (FLS), DR. Eko Romadhon dalam paparannya menjelaskan bahwa Kabupaten Lumajang terus berkomitmen menjadikan Lumajang Sehat dengan berbagai inovasi – inovasinya. “Lumajang harus beda dan berciri, seperti inovasi-inovasi yang ada di masing-masing OPD, salah satu inovasi yang ada di sekolah, ada Buku Anak TERHEBAT (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat), ini untuk menanamkan perilaku hidup sehat sedini mungkin,” ujar Eko Romadhon.

Tahun 2017 merupakan tahun ke-5 Lumajang mengikuti Lomba Kabupaten Sehat. Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag mengaku telah siap menyongsong Lumajang sebagai Kabupaten Sehat untuk kelima kalinya. “Lumajang sudah siap dikarenakan lingkungannya sudah siap, terbukti dari penghargaan – penghargaan tingkat nasional seperti Adipura kita dapat, WTN, Kabupaten Layak Anak, Rumah Sakit Ramah Anak, Manggala Karya Kencana kita dapat, Insyaa Allah tahun ini Lumajang sudah siap mendapatkan (Kabupaten Sehat) kelima kalinya,” ujar Bupati As’at.

Berbagai macam penghargaan tersebut membuktikan keseriusan Lumajang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat Lumajang. “Karena memang tujuan kita menjadikan Lumajang benar-benar bersih, menjamin Lumajang menjadi sejahtera, dalam pengertian, semua disini berlangsung dengan baik,” ujar Bupati As’at.

Dari paparan Ketua FLS dan sambutan Bupati Lumajang, Tim Verifikasi mencatat beberapa inovasi unggulan dari Kabupaten Lumajang, seperti layanan Bloodjek/Ojek Darah, Layanan Transportasi Massal Pelajar Gratis, dan beberapa inovasi lain yang dinilai bagus dan tidak ada di Kabupaten lain. Selanjutnya Tim Verifikasi tersebut dijadwalkan melakukan verifikasi Lapang pada Rabu, (13/9).

Also Publish to : https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHSGfQ%3D%3D