KABUPATEN LUMAJANG SIAP DUKUNG GERMAS, PERAN POKJA DIOPTIMALKAN

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan salah satu kegiatan strategis  dan terencana yang harus selalu disosialisasikan dan diimplementasikan pada setiap kesempatan oleh lintas sektor, lintas program, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan keluarga.

Untuk mendorong implementasi GERMAS, Presiden Republik Indonesia menerbitkan instruksi nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Tahun 2017 nomor 440.7/4547/201.4/2017 tentang Implementasi Germas. Di Kabupaten Lumajang, telah ditindaklanjuti dengan menyebarkan Surat Edaran Bupati Lumajang Nomor : 421./2424/427.71/2017 tentang Pelaksanaan Pesan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) GERMAS sesuai dengan SK Bupati Lumajang Nomor 188.45/89/427.12/2018.

Untuk mengoptimalkan implementasi GERMAS di Lumajang, maka dilaksanakan Rapat Koordinasi Pokja GERMAS Kabupaten Lumajang, Kamis (19/4/2018) di ruang pertemuan BAPPEDA Lumajang. Pada kesempatan kali ini, dr. Bayu Wibowo, IGN, Sekretaris Dinas Kesehatan Lumajang selaku Wakil Ketua Pokja GERMAS Kabupaten Lumajang, menyampaikan, salah satu program strategis Indonesia yang tertuang dalam Nawa Cita adalah Indonesia Sehat, dengan meningkatkan Paradigma Sehat di Masyarakat melalui program GERMAS.

  1. Bayu juga menjelaskan bahwa anggota Pokja GERMAS diharapkan berperan sesuai fungsi yang telah ditetapkan. “Masing–masing OPD selaku tim melaksanakan kegiatan Germas sesuai dengan fungsinya serta merencanakan anggaran kegiatan germas secara berkesinambungan. Pelaksanaan kegiatan GERMAS pada OPD dilaporkan dan didokumentasikan di BAPPEDA selaku Ketua Pokja GERMAS, untuk selanjutnya dilaporkan ke Pemprov Jawa Timur”, jelasnya.

Selain itu, dr. Bayu juga memaparkan materi tentang perkembangan kegiatan GERMAS di Kabupaten Lumajang pada tahun 2017 sampai dengan awal tahun 2018. Selanjutnya disampaikan juga tentang sistem pelaporan pelaksanakan GERMAS oleh OPD di Kabupaten Lumajang yang disampaikan oleh Kasubid Sumber Daya Manusia Bidang Sosial dan Budaya pada Bappeda Lumajang, Dra. Anisah Utami.

Dengan pelaksanaan GERMAS dapat membangun konsep pengendalian penyakit yang terintegrasi dan multisektoral dengan fokus pada pemerataan intervensi, kerjasama multi sektor, pemangku kebijakan, serta adanya peran masyarakat, keluarga dan individu melalui pemberdayaan masyarakat dengan mengubah paradigma sehat.(Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang