“KADER GIAT, POSYANDU MENINGKAT, IBU SELAMAT ANAK SEHAT” TEMU KADER POSYANDU KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2013

“KADER GIAT, POSYANDU MENINGKAT, IBU SELAMAT ANAK SEHAT”

TEMU KADER POSYANDU KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2013

kader1Kader Posyandu pilar utama penggerak pembangunan kesehatan, kader posyandu adalah pahlawan tanpa tanda jasa..itulah kiranya ungkapan terbaik yang patut diberikan kepada mereka atas jasa yang tak terhingga dalam berjuang mensukseskan program program kesehatan di desa. Sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan kesehatan desa dan dalam rangka memperingati  Hari Kesehatan Nasional ke-49  Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan acara temu kader posyandu hari kamis tanggal 7 Nopember 2013 bertempat di lapangan Alun-Alun Lumajang.

Acara tersebut dihadiri oleh 1284 kader posyandu dari 205 desa se Kab. Lumajang termasuk pula ketua TP PKK Desa dan Kecamatan  ditambah tamu undangan tingkat kabupaten berjumlah 83 undangan.

Untuk menambah kemeriahan acara, kegiatan diawali dengan lomba defile atau parade rombongan kontingen dari masing-masing kecamatan atau puskesmas yang disaksikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, mereka unjuk kebolehan dalam menampilkan yel-yel dan atraksi di depan Bapak Bupati sekaligus dalam kegiatan ini setiap kontingen dinilai untuk mendapatkan hadiah kategori defile terbaik.

kader2

 

Acara dilanjutkan dengan apel kader kesehatan disaksikan segenap camat, tim penggerak PKK, lintas sector dan masyarakat umum lainnya dengan Pembina apel adalah Bupati Lumajang                      Dr. H. Sjahrazad Masdar, MA. Dalam rangkaian apel tersebut diserahkan  rompi dan P3K kit untuk pesantren yang sudah mendirikan poskestren  yaitu sebanyak 4 pesantren, penyerahan  hadiah lomba parade atau defile kontingen terbaik kemudian acara dilanjutkan dengan gebyar senam anti galau yang diikuti sekitar 250 peserta

kader3

 

 

Kemeriahan acara dilanjutkan dengan lomba – lomba yaitu lomba penyuluhan, lomba yel – yel dan lomba senam anti galau. Lomba penyuluhan dibagi menjadi 3 kelompok untuk memudahkan dalam meberikan penilaian disamping karena durasi waktu yang terbatas. Dalam Lomba penyuluhan ini setiap kelompok diambil 1 pemenang, pemenang dari masing – masing kelompok berhak untuk maju ke babak final untuk meraih gelar juara 1, 2 dan 3. Lomba berlangsung meriah, setiap  peserta beradu kemampuan dalam menyampaikan pesan kesehatan dengan tema yang telah ditentukan panitia sebelumnya, acara lebih semarak dengan berbagai media penyuluhan ditampilkan karena hal ini termasuk dalam unsur penilaian. Menurut Lita DS. peserta lomba sangat kreatif terutama dalam   memadukan kekompakan, kekuatan menjalankan peran masing – masing dalam alur cerita penyuluhan terutama dengan penampilan media yang digunakan, sehingga terkesan benar – benar disiapkan dan sebagai pemenang dalam final lomba penyuluhan adalah Juara 1 perwakilan dari kader posyandu kecamatan / Puskesmas Jatiroto, sedangkan untuk juara 2 diraih kader posyandu kecamatan / puskesmas Pasrujambe dan sebagai juara ke 3 adalah kader posyandu kecamatan/puskesmas Sukodono.

kader4

 

Tidak ketinggalan pula dalam lomba yel – yel dan senam anti galau juga berlangsung meriah pula ditambah dengan  dukungan suporter dari masing-masing peserta. Sebagai juara 1 lomba yel-yel adalah peserta perwakilan dari Puskesmas Kunir, juara  II peserta perwakilan dari Puskesmas Padang, Juara ke 3 dari Puskesmas Yosowilangun dan untuk pemenang juara yel – yel  terunik adalah dari Puskesmas Pasirian.

kader5

Rangkaian acara temu kader posyandu ditutup dengan penyerahan hadiah dan trophy kepada para pemenang oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Buntaran Suprianto, M.Kes.

kader6

 

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang