Kabupaten Lumajang Siap Mensukseskan Kampanye MR demi Generasi Sehat dan Berkualitas

Sebagaimana kita ketahui, pada Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella atau yang lebih dikenal dengan CRS (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu rangkaian kegiatan untuk mendukung komitmen ini akan dilaksanakan pemberian kampanye imunisasi tambahan campak dan rubella tahun 2017, termasuk di Kabupaten Lumajang.

Pengertian Kampanye Imunisasi MR
Kampanye MR merupakan suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Imunisasi ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent.

Tujuan Kampanye Imunisasi MR
Tujuan pelaksanaan kampanye imunisasi MR ini adalah untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/ CRS tahun 2020. Tujuan khusus antara lain Meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, Memutuskan transmisi virus campak dan rubella, Menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, serta Menurunkan angka kejadian CRS

Sasaran Kegiatan
Sasaran pelaksanaan kegiatan kampanye imunisasi MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun di seluruh Lumajang. Imunisasi MR diberikan tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya.

Untuk melengkapai pemahaman kita akan pentingnya imunisasi MR, ada baiknya kita bahas sekilas tentang apa itu penyakit campak dan rubella.

Apakah Penyakit Campak itu ?
Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin.

Gejala Campak :
Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) pada muka dan leher, kemudian menyebar ke tubuh dan tangan serta kaki disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis (mata merah) akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Apakah Penyakit Rubella itu?
Rubela merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin.

Gejala penyakit rubella :
Gejala dan tanda rubella ditandai dengan demam ringan (37,2°C) dan bercak merah/rash disertai pembesaran kelenjar limfe di belakang telinga, leher belakang dan sub occipital. Konfirmasi laboratorium dilakukan untuk diagnosis pasti rubella dengan melakukan pemeriksaan serologis

Rubella pada wanita hamil terutama pada kehamilan trimester 1 dapat mengakibatkan abortus atau bayi lahir dengan CRS. Bentuk kelainan pada CRS : Kelainan jantung, Kelainan pada mata, Kelainan pendengaran, Kelainan pada sistim saraf pusat, dan Kelainan lainnya.

Sumber : Petunjuk Teknis Kampanye Dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR), Kementerian Kesehatan 2017