Maksimalkan Pelayanan Lewat Pusling Selamat (Puskesmas Keliling Selalu Melayani Masyarakat)

Puskesmas Sumbersari, dalam memperlancar dan mempermudah kegiatan operasional tugas Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ditunjang dengan unit kegiatan dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu melalui Puskesmas Keliling dan Puskesmas Pembantu.  Puskesmas keliling (pusling) adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif.

Unit pelayanan kesehatan keliling yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor roda 4 dan peralatan kesehatan, peralatan komunikasi serta sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan 4 kali dalam sebulan dengan tempat yang berbeda-beda.

Beberapa Kegiatan Pusling tersebut antara lain:

  1. Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat didaerah terpencil yang tidak   terjangkau oleh pelayanan Puskesmas atau Puskesmas pembantu, 4 kali dalam sebulan.
  2. Melakukan penyelidikan terhadap kasus luar biasa.
  3. Melakukan rujukan bagi kasus gawat darurat.
  4. Melakukan penyuluhan dengan menggunakan alat audiovisual.

Puskesmas Pembantu
Puskesmas pembantu (Pustu) merupakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang serta membantu melaksanakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas pada masyarakat di wilayah yang lebih kecil. Jenis dan kompetensi pelayanannya disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Puskesmas pembantu merupakan bagian integral dari Puskesmas. Tugas pokok Puskesmas pembantu adalah menyelenggarakan sebagian program kegiatan Puskesmas sesuai dengan kompetensi tenaga dan sumberdayalain yang tersedia. (nining…)

Sumber:

Penyelenggaraan Puskesmas di Era Desentralisasi. Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat. Depkes RI. 2001.
Profil Indonesia Sehat 2010. Depkes RI. 2000; Makalah Puskesmas; Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat; Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Marantha. Bandung. 2010; Repository.usu.ac.id; http://jakartapedia.bpadjakarta.net