Kesehatan Jiwa dan Napza Bagi Siswa SMA/MA di Lumajang

Sosialisasi Lintas Sektor Program Kesehatan Jiwa Dan Napza Siswa SMA/MA Di Kabupaten Lumajang

Seiring perkembangan teknologi, kondisi budaya dan pergaulan sosial yang tidak lagi berpihak untuk tumbuhnya mental yang sehat bagi remaja sekarang ini, dan masalah psikososial kesehatan jiwa remaja menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Pengendalian kesehatan jiwa remaja sejak dini menjadi poin penting dalam upaya peningkatan ketahanan mental remaja di sekolah. Atas dasar kondisi tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melalui Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular menyelenggarakan pertemuan lintas sektor penguatan program kesehatan jiwa dan napza pada tanggal 30 April 2019 di Aula Hotel Lumajang. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Agus Hari Widodo, SKM.,M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah kasus Orang Dengan Gangguan Kejiwaan atau ODGJ di Lumajang semakin meningkat. Munculnya permasalahan gangguan kejiwaan pada anak sekolah dan program pengembangan UKS jiwa Tahun 2019 menjadi motivasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang untuk melakukan kerjasama dengan kepala sekolah, komite sekolah dan unsur dari Cabang Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, BNN, dan Bapeda Kabupaten Lumajang untuk duduk bersama dan bersepakat dalam upaya peningkatan program kesehatan jiwa dan napza di sekolah terutama SMA dan MA. Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk refreshing keilmuan dan memberikan informasi terkait permasalahan gangguan kejiwaan remaja dan peran lintas sektor dalam menanganinya.

Sebagai narasumber kegiatan sosialisasi yaitu Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati M.Kep.,SpKepJdari Tim Teknis Penanganan Masalah Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Dr. Heni dalam materinya menyampaikan, bahwa siapapun dapat mengalami gangguan kejiwaan termasuk artis, penulis buku, pejabat dan public figure lainnya kalau kita tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol diri dengan baik. Kesehatan jiwa menjadi komponen penting dalam definisi sehat secara umum, karena jiwa yang sehat akan dapat membantu individu untuk menyadari potensinya, membantu dalam mengatasi stress, bekerja produktif dan berkontribusi positif dalam kehidupan di masyarakat. Dalam pemetaan permasalahan kesehatan jiwa dimasyarakat terdapat 3 kondisi keluarga yaitu; keluarga sehat jiwa, keluarga berisiko dan keluarga dengan gangguan jiwa. Kondisi keluarga yang berisiko adalah keluarga yang memiliki permasalahan terkait fisik, sosial dan mental. Masalah fisik berhubungan dengan kondisi kesehatan secara umum seperti menderita penyakit tidak menular (PTM), cacat tubuh, malnutrisi dan lain sebagainya. Sedangkan permasalahan sosial berhubungan dengan kondisi yang terjadi di lingkungan keluarga seperti adanya konflik sosial, perebutan warisan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perselingkuhan, kemiskinan dan lain sebagainya. Kondisi tersebut menjadi indikasi bahwa keluarga menjadi berisiko terkena gangguan kejiwaan.

Terkait dengan kondisi kejiwaan remaja, dibutuhkan peran segenap pihak yaitu keluarga, sekolah, teman sebaya, masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif. Peran keluarga meliputi; memberikan ruang atau kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial, memberikan tanggungjawab personal dirumah maupun diluar rumah, mengenali minat dan bakat anak untuk didukung kearah pengembangannya. Peran sekolah meliputi; menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan jiwa, meninkatkan kegiatan keterampilan hidup atau living skill. Sedangkan peran masyarakat melalui dukungan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, menyediakan fasilitas olahraga, sarana bermain, taman, tempat ibadah dan sarana lain yang menjadi media psikoedukasi bagi remaja. Peran layanan kesehatan meliputi; psikoedukasi pada masyarakat disemua tatanan, menyediakan fasilitas konseling individu maupun kelompok dan menyediakan sarana pengobatan. (LUA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang