Headline

Komda Lansia Lumajang

Komda Lansia Lumajang Siapkan Rencana Aksi 2019

Komda lansia kabupaten Lumajang terbentuk tanggal 6 Desember 2018, dan telah dikukuhkan oleh Bapak Bupati Lumajang. Saat ini Komda Lansia mulai bergerak menyusun langkah-langkah ke depan untuk membuat lansia tetap sehat dan produktif. Berdasarkan data terakhir bahwa umur harapan hidup Kabupaten adalah 69 tahun. Hal ini menjadi salah satu kontributor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lumajang pada urutan ke-36 di Jawa Timur.   

Berbagai langkah yang dilakukan diantaranya, atas inisiasi Dinas Kesehatan, diantaranya melalui penguatan Komda Lansia kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2019, bertempat di ruang pertemuan pisang kirana Dinas kesehatan Kabupaten Lumajang. Acara ini dihadiri oleh lintas sektor yang tergabung dalam Komda Lansia Kabupaten Lumajang diantaranya Bappeda, Dinsos, Disnaker, Dishub, PWRI, Diskominfo, Disdalduk KB-PP, Dispenduk Capil, Dinas PUTR, Dinas Pendidikan, dan lain-lain. Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo menyampaikan bahwa umur harapan hidup kabupaten Lumajang meningkat, hal ini harus diimbangi dengan semakin meningkatkan kualitas pada fasilitas kesehatan khususnya, khususnya kepada para Lansia. Pelayanan kesehatan lansia menjadi prioritas yang masuk dalam standart pelayanan minimal kesehatan.

Kepala Bidang Kesmas, dr Rosyidah, dalam penyampaian materinya menyebutkan bahwa latar belakang terbentuknya komda lansia karena adanya hak lansia sebagaimana amanat UU nomor 13 tahun 1998, bahwa pelayanan keagamaan dan mental spiritual, pelayanan kesehatan, pelayanan kesempatan kerja, pelayanan pendidikan dan pelatihan, kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana, dan prasarana umum, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum, kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum, perlindungan sosial, dan bantuan sosial.

Tujuan Komda lansia diantaranya agar lansia dapat diberdayakan sehingga berperan aktif dalam kegiatan pembangunan dengan memperhatikan fungsi, kearifan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisiknya, serta terlaksananya pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial lanjut usia.

Untuk lebih  memantapkan strategi dan rencana aksi komda lansia, dilakukan diskusi yang dipimpin Kepala seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Farianingsih. Pada diskusi ini masing-masing lintas sektor terkait menyampaikan peran dan dukungan kegiatan yang akan tertampung dalam rencana Aksi Komda Lansia sehingga terbentuk draft rencana aksi komda lansia. Beberapa draft rencana yang dihasilkan diantaranya : Peringatan Hari lanjut Usia tanggal 29 Mei 2019, Peningkatan kapasitas Puskesmas Santun Lansia, mewujudkan Poli Geriatri, Rumah pintar lansia, Menghidupkan kembali organisasi Abiyoso, Fasilitas umum ramah lansia, POSDAYA (Pos Daya) mengembangkan sifat terampil untuk home industry untuk menciptakan hasil keterampilan lansia yang bisa memiliki daya jual, pelatihan produktif lansia dan Kaji banding komda Lansia. (LDL)

The following two tabs change content below.
Lita Dwi Listyowati, SKM

Lita Dwi Listyowati, SKM

Penulis adalah proktisi dan pengelola program gizi di Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang
Lita Dwi Listyowati, SKM

Latest posts by Lita Dwi Listyowati, SKM (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang