Tempat-Tempat Paling Berkuman Di Rumah Anda

Kita cenderung mengira toilet adalah tempat yang paling berkuman di rumah. Padahal, tanpa kita sadari, beberapa tempat yang terlihat bersih di rumah justru menjadi area nyaman bagi kuman untuk berkembang biak. Ini sebabnya orang lebih sering menyikat lantai dan dinding kamar mandi. Tempat atau benda-benda lain yang kita gunakan sehari-hari di rumah justru sering luput dari perhatian.

Papan ketik komputer, misalnya. Sebuah uji coba pernah dilakukan dengan menyeka papan ketik, termasuk celah atau ruang di antara tutsnya. Rata-rata, dalam satu kali penyekaan, 480 unit bakteri Staphylococcus aureus atau Staph terangkat. Papan ketik komputer termasuk yang sulit dibersihkan, bahkan dengan menyemprotnya dengan alat kompresi udara sekalipun.

Sama halnya dengan perangkat telepon genggam dan remote control televisi. Mungkin Anda termasuk yang tertib mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, namun kemudian meraih remote control dan menyalakan TV. Para ahli mikrobilogi menemukan remote control TV membawa sekitar 1600 bakteri per 100 sentimeter perseginya. Sabak (tablet) bahkan lebih berkuman daripada papan ketik komputer, yakni sekitar 600 unit bakteri sekali seka. Telepon genggam terpapar oleh rata-rata 140 unit bakteri, sementara toilet “hanya” sekitar 20 unit.

Bagian dasar dompet dan tas wanita pun menjadi area yang nyaman bagi kuman. Perempuan seringkali meletakkan tas atau dompet mereka di lantai tempat-tempat umum, seperti dalam transportasi publik atau toilet. Tanpa sadar, mereka memindahkan kuman-kuman dari dompet atau tas mereka ke meja dapur. Di Inggris, peneliti menemukan satu dari lima tas wanita terkontaminasi bakteri berbahaya dalam jumlah tinggi. Perlengkapan make up di dalamnya, seperti krim tangan dan wajah, lipstik, dan maskara pun kemungkinan tak luput dari kontaminasi kuman dan bakteri.

Ngeri, ya? Tapi jangan khawatir, selama Anda mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum melakukan kegiatan-kegiatan penting, seperti makan, memasak, dan berangkat tidur, Anda mengurangi risiko terpapar penyakit dari kuman dan bakteri-bakteri tadi. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tempat atau benda-benda tadi sama seriusnya dengan membersihkan kamar mandi.