Buku harian anak TERHEBAT (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat) merupakan salah satu inovasi Kabupaten Lumajang dengan membiasakan anak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Program ini dilaksanakn pada tahun pertama pada periode September 2016 – Juli 2017 pada 125 SD atau MI se-Kabupaten Lumajang dengan total lebih dari 5800 buku yang telah digunakan. Program inovasi ini dapat berjalan dengan baik karena tidak lepas dari “tangan dingin” pengelola Buku Harian Anak Terhebat di sekolah dan lintas sektor terkait di Kecamatan.

Sebagai wujud apresiasi setinggi-tingginya bagi pengelola Buku Harian Anak TERHEBAT, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melalui Tim Teknis Penerapan Buku Harian Anak Terhebat akan memberikan pengharagaan pagi pengelola terbaik se-Kabupaten Lumajang.

Kategori yang dinilai dari Guru Kelas, Guru UKS, Kepala Sekolah, Unsur UPTD Pendidikan atau Pengawas Madrasah di Kecamatan, unsur Puskesmas, dan unsur Kecamatan. Aspek penilaian meliput  Informasi dasar penerapan, indentifikasi permasalahan dan implementasi kegiatan Program Buku Harian Anak Terhebat serta observasi lingkungan penerapan sekolah sehat ber-PHBS. Setelah melalui penilaian dari tim, memutuskan 5 (lima) nomonator pengelola terbaik se-Kabupaten Lumajang antara lain : MI Tempursari, SDN Pasirian 02, SDN Kepuharjo 02, SDN Randuagung 02, dan SDN Kalipenggung 01.

Pada kesempatan ini (23/10) tim teknis  melaksanakan kunjungan lapang atau verifikasi lapang kepada sekolah yang termasuk dalam nominasi pengelola terbaik. Tim 1 yang terdiri dari Kementerian Agama Kab. Lumajang, TP-PKK Kabupaten Lumajang, Dinas Kesehatan, Dewan Pendidikan melaksanakan kunjungan lapang di MI Tempursari.

Sedangkan untuk tim 2 terdiri dari BAPPEDA, Dinas Pendidikan,  Dinas Kesehatan, dan Forum Lumajang Sehat melaksanakan kunjungan lapangan di SDN Pasirian 02. Untuk hari selanjutnya (24/10) akan dilaksanakan kembali penilaian pada SDN Kepuharjo 02, SDN Randuagung 02, dan SDN Kalipenggung 01. Nantinya pada masing-masing nominasi akan diberikan pengargaan pengelola terbaik sesuai dengan kategorinya.

Diharapkan dengan adanya kunjungan lapang ini dapat mengetahui secara langsung monitoring, evaluasi serta implementasi pada  pelaksanaan Buku Harian Anak Terhebat. Dengan Buku Harian Anak Terhebat wujudkan Generasi Emas Sehat, Unggul, dan Berkarakter.