https://drive.google.com/open?id=1fCESi_BWE1etE0t8T0i1wX5Q7-84fenH

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat yang sudah lanjut usia (Lansia), Pemerintah Desa Wotgalih memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat lanjut usia, bertempat di Balai Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun, Senin (3/9/2018).

Kepala Desa Wotgalih Lestari saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan pemberian pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat desa ini merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Saya berharap dengan diberikan pelayanan kesehatan gratis, masyarakat desa Wotgalih yang telah masuk dalam kategori lanjut usia ini bisa selalu terjaga kesehatannya, sehingga mereka tetap dapat berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” harapnya.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Pemerintah Desa Wotgalih bekerja sama dengan Tenaga Medis Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun.

Sementara itu, Bidan Poskesdes Wotgalih Ida Rahmawati mengatakan bahwa masyarakat yang masuk dalam kategori lansia adalah mereka yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas. Masyarakat yang masuk dalam lansia terbagi menjadi beberapa kategori, yakni pra lansia (45 – 49 tahun), lansia muda (60 – 69 tahun), lansia madya (70 – 79 tahun) dan lansia tua (80 – 89 tahun).

“Meningkatan pelayanan kesehatan kepada lansia ini memang sangat perlu dilakukan secara rutin. Mengingat pada usia tersebut kondisi kesehatan sering menurun dengan ditandai oleh beberapa fungsi fisik antara lain, penurunan kemampuan panca indra, penurunan fungsi organ tubuh serta penurunan kemampuan motorik seperti kekuatan dan kecepatan tubuh,” katanya.

Disamping itu, Babinsa Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Guntur Rudi Purwanto juga mengungkapkan, bahwa melakukan pendampingan dalam kegiatan sosial tersebut merupakan sebuah kewajiban sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah untuk berperan aktif mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.

“Masyarakat yang masuk dalam kategori lansia memang patut kita beri perhatian khusus, karena hal ini merupakan wujud perhatian dan penghargaan bagi mereka di masa hari tuanya,” pungkas Pelda Guntur. (Pendim 0821, Kominfo-lmj)