Dalam rangka mengupayakan penurunan Angka Kematian Ibu Hamil di Kabupaten Lumajang, TP PKK Kabupaten Lumajang menyelenggarakan “Bimtek Penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) Bagi Ketua Satgas GSI Kecamatan, Ketua TP PKK Kecamatan dan Organisasi Wanita Se Kabupaten Lumajang pada hari Rabu (7/3/2018). Kegiatan tersebut, di buka langsung oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Ika Endah Gawat.

Dalam sambutannya, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang menyampaikan, bahwa perlunya penekanan Angka Kematian Ibu Hamil di Kabupaten Lumajang dengan memperhatikan berbagai faktor penyebabnya. Faktor penyebab kematian ibu hamil antara lain meliputi status kesehatan ibu,status reproduksi, akses terhadap layanan kesehatan dan perilaku sehat.

Status kesehatan ibu terdiri dari status gizi (anemia, berat badan, tinggi badan), penyakitinfeksi dan penyakit akibat parasite (malaria, hepatitis, TBC), serta kondisi kronis yang lainnya (diabetes, hipertensi).

Status reproduksi terdiri dari usia ibu, paritas kelahiran, dan status perkawinan. Tingginya fertilitas pada usia remaja akan menimbulkan kerentanan terhadap resiko kematian ibu saat melahirkan. Melahirkan dalam usia remaja dengan pemahaman terhadap kesehatan reproduksi yang relatif minim dan sistem reproduksi yang masih labil, akan menimbulkan resiko besar terhadap kematian. Faktor “4 Terlalu”(terlalu muda, terlalu sering, terlalu banyak dan terlalu tua) adalah salah satu faktor penyebab tidak langsung kematian ibu yang dapat diatasi dengan pelayanan KB.

Akses pelayanan kesehatan juga sangat berpengaruh terhadap resiko kematian ibu. Keselamatan nyawa ibu hamil, bersalin dan nifas sangat dipengaruhi oleh aksesnya setiap saat terhadap pelayanan kebidanan yang berkualitas, terutama karena setiap kehamilan dan persalinan mempunyai resiko mengalami komplikasi yang mengancam jiwa.

Melalui Bimtek Penurunan AKI ini, diharapkan ada peningkatan pelayanan dan pendampingan terhadap ibu hamil (Bumil) sampai bersalin sehingga Angka Kematian Ibu Hamil di Kabupaten Lumajang dapat di tekan seminim mungkin. (TP PKK-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/