Headline

LUMAJANG SIAP JADI KABUPATEN LAYAK ANAK

Dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, Indonesia telah meratifikasi Konvensi Hak-hak Anak melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1990 dan telah menetapkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Selain itu , Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah menetapkan bahwa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan salah satu Urusan “Wajib” Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang bersifat Non Pelayanan Dasar.

Sebagai implementasi dari amanat undang-undang di atas di era Otonomi Daerah, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  sejak tahun 2006 telah mengembangkan Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dan pada Tahun 2010 telah direvitalisasi.

Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)

Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak

Tujuan Kota Layak Anak (KLA)

Untuk membangun inisiatif Pemerintah Kabupaten / Kota yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak Hak Anak ( Convention on the rights of Child ) dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan , dalam bentuk Kebijakan, Kelembagaan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak hak anak pada suatu wilayah kabupaten / kota

Strategi pelaksanaan Kota Layak Anak (KLA)

Mengarusutamakan Hak Anak kedalam  kebijakan, program dan kegiatan pembangunan. yang dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dengan mengacu pada prinsip prinsip hak hak anak.

Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak lakukan kunjungan pada kelurahan yang terapkan PHBS dan Klinik Pratama BNN Kab. Lumajang dan indikator lainnya. Diharapkan pemerintah dan masyarakat bisa bekerjasama untuk memberikan ruang gerak anak untuk bisa berkreasi, serta menjamin setiap anak bisa memperoleh hak-haknya dan terlindungi dari perlakuan penuh keras dan diskriminasi.

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang