Makan sayur dan buah setiap hari (sehat dan cerdas)

Hidup Lebih Menyenangkan Dengan Makan Sayur dan Buah (Sehat dan Cerdas)

Rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita.Tentunya dengan porsi yang sesuai dan beragam buah dan sayur yang kandungannya sangat dibutuhkan oleh tubuh.Hasil penelitian secara medis juga membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi buah dan sayur atau menjadi vegetarian memiliki kekuatan dan ketahanan tubuh 3 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya rutin mengkonsumsi daging.

Berikut manfaat sayur dan buah jika di konsumsi setiap harinya :

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Melindungi Sel-Sel Otak.

makan-sayur-dan-buahTahukah anda, ternyata buah dan sayur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak ?Hal itu dimungkinkan karena adanya kandungan zat antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur. Antioksidan sendiri merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini.

Berikut adalah 20 buah yang kaya akan vitamin C : Jambu biji, Jeruk, Apel, Delima, Kiwi, Anggur, Stoberi, Pepaya, Alpukat, Sirsak, Mangga, Blewah, Tomat dan masih banyak lagi.  Buah berperan positif terhadap kemampuan mengingat dan mengolah informasi di otak serta mencegah kepikunan (Alzheimer). 

  1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker.

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker.Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.Terapi dengan diet jus buah dan sayuran yang terprogram dapat mengobati kanker dan berbagai macam penyakit.

Buah-buahan yang berwarna merah dan ungu, seperti tomat, strawberry dan buah merah, mengandung banyak lycopene dan anthocyanins yang berkhasiat mengatasi kanker.Buah mampu mencegah kanker secara alami karena mengandung zat anti-karsinogenik (anti-kanker). Di samping itu, hampir semua buah-buahan kaya akan mineral, serat, antioksidan, fitokimia dan vitamin. Nutrisi tersebut berguna untuk memperkuat tubuh Anda dari dalam serta melawan berbagai jenis penyakit secara alami, termasuk kanker.

  1. Sumber Utama Antioksidan.

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Untuk menjaga keseimbangan tingkat oksidasi, tumbuhan dan hewan memiliki suatu sistem yang kompleks dari tumpangsuh antioksidan, seperti glutation dan enzim (misalnya: katalase dan superoksida dismutase) yang diproduksi secara internal atau dapat diperoleh dari asupan vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup, maka kebutuhan vitamin sebagai sumber antioksidan akan tercukupi pula.(Abdil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.