Manfaat Sampah

Ragam Manfaat Sampah bagi Kehidupan

Masih ingatkah saudara tentang bencana yang terjadi akhir-akhir ini yang mengakibatkan korban jiwa yang besar? tidak hanya korban jiwa tapi juga hilangnya harta benda, sanak saudara, dll. padahal kejadian ini sudah sering terjadi berulang kali tetapi seperti yang kita lihat pada kenyataannya bahwa perilaku masyarakat dan kepedulian masyarakat kepada lingkungan sepertinya masing rendah. saya berkaca dari lingkungan disekitar rumah saya sendiri bagaimana sikap warganya yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan, salah satu contohnya adalah buang sampah sembarangan di sungai.

Banjir yang terjadi di garut seharusnya bisa menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kesadaran kita bagi kelestarian lingkungan diri sendiri. bila dirinci satu persatu dan dari segala bidang mungkin banyak hal yang bisa menyebabkan banjir, tapi itu semua kembali kepada diri kita sendiri, bagaimana dari diri sendiri ini nantinya bisa mengubah lingkungan sekitar.

Yang terpenting adalah bagaimana caranya menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan. mungkin bila kita tanya kepada banyak orang tentang kecintaan mereka terhadap lingkungan, pasti mereka kebanyakan akan menjawab cinta, karna lingkungan adalah tempat meraka berada  dan gag mungkin orang bilang tidak cinta, tetapi cinta kepada lingkungan seharusnya bukan hanya sekedar kata-kata. cinta yang sebenarnya harus di wujudkan dengan sikap dan perilaku. yang paling mudah adalah dari diri kita sendiri, karna menurut sepemahaman saya, sebelum kita mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu, kita harus lebih dulu tau atau pernah melakukan hal tersebut.

Banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan yang nantinya bisa berdampak besar bagi lingkungan sekitar. misalnya saja awalnya coba-coba, dari sampah ini kan ada bermacam2, klo jenisnya ada 2, ada organik (yg bisa kembali ketanah/diolah menjadi kompos), dan anorganik (yang tidak bisa kembali ke tanah atau lama sekali menyatu dengan tanah). kalau saya lihat dari lingkungan sekitar sampah yang dibuang kesungai ini kebanyakan sampah organik meskipun beberapa juga ada sampah anorganik.

Saya hobi sekali jika punya waktu luang saya isi dengan aktifitas bercocok tanam, biasanya sampah sisa dapur dan sampah halaman rumah ini saya kumpulkan kemudian saya kubur dalam lubang yang sebelumnya sudah saya buat. apabila sudah penuh saya tutup kembali. begitu seterusnya saya lakukan setiap pagi sebelum berangkat kerja. nah sebulan kemudian sampah yang saya kubur tersebut sudah membusuk dan mulai bercampur dengan tanah. nah sampah yang sudah berubah jadi tanah humus itu saya manfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman, seperti cabe, bawang, tanaman empon2, sawi, tanaman bunga dll. hasil berkebun tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. sebenarnya menyenangkan sekali kan dari sampah diri sendiri bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi diri-sendiri kalau kita mau mencobanya. Kemudian kalau dari sampah anorganiknya seperti botol itu bisa dijadikan media untuk menanamnya (media tanahnya). caranya macem-macem sih bisa search di google banyak banget.

Jika hal kecil tersebut sudah bisa kita terapkan dan menjadi kebiasaan bagi diri kita sendiri, kita bisa mencontohkan atau mengajak orang lain untuk ikut serta dalam kegiatan kita tersebut. siapa tau dari hal kecil jika dilakukan bersama-sama bisa memberikan dampak yang besar bagi lingkungan. untuk sementara mungkin kegiatan tersebut masih saya lakukan sendiri tapi saya berharap ini bisa jadi kegiatan komunitas dan bisa menjadi hal yang lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.