MASYARAKAT PRONOJIWO DIAJAK IMPLEMENTASIKAN GERMAS

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,  diperlukan penguatan upaya preventif dan promotif melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Germas merupakan salah satu kegiatan strategis dan terencana yang harus selalu disosialisasikan dan diimplementasikan pada setiap kesempatan, oleh lintas sektor, lintas program, ormas, dunia usaha dan keluarga.

Untuk menyebarluaskan informasi tentang pentingnya Germas, Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melaksanakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat di Kecamatan Pronojiwo, Rabu (9/5/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Guru Kecamatan Pronojiwo dengan jumlah 200 peserta yang terdiri dari unsur Forkopimcam, Kepala Desa, TP-PKK Kecamatan dan Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat se-Kecamatan Pronojiwo.

Sekretaris Kecamatan Pronojiwo, Drs. Agoeng Permadi, M.M. saat membuka acara menyampaikan, “Penguatan koordinasi lintas sektor dalam perencanaan dan pelaksanaan Germas, upaya mengubah perilaku masyarakat agar mendukung peningkatan derajat kesehatan dilakukan melalui Program PHBS, Evaluasi keberhasilan pembinaan PHBS dilakukan dengan melihat indikator PHBS tatanan rumah tangga, dan tatanan lainnya, dibutuhkan koordinasi dan peran lintas sektor dan lintas program mengacu Inpres No 1 tahun 2017 dengan merencanakan anggaran untuk kegiatan Germas secara berkesinambungan”, jelasnya.

Pada kesempatan kali ini, disampaikan pula materi tentang Implementasi Inpres No. 1 Tahun 2017 tentang Germas oleh Anggota DPR RI Drs. Ayub Khan, M.Si. sedangkan materi tentang Optimalisasi Program Germas disampaikan oleh Muhani, S.KM., M.Kes dari Kementerian Kesehatan. Selain itu dipaparkan juga materi tantang Perkembangan Implementasi Germas di Kabupaten Lumajang yang disampaikan oleh dr. Rosyidah selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Lumajang.

Diharapkan dengan kegiatan ini menjadi perhatian yang dapat menghasilkan output kegiatan Germas  melalui komitmen bersama Pemerintah Daerah. Sosialisasi Germas serta implementasinya, bukan hanya tugas dan tanggung jawab Dinas Kesehatan atau Puskesmas Pronojiwo saja, tetapi seluruh komponen masyarakat dan pemerintah turut berperan dalam mendukung Kabupaten Lumajang yang lebih sehat. (Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang