Melihat Posyandu di Dampar Lumajang

Terdampar di Dampar : Melayani sampai ke pelosok Negeri

Tenaga kesehatan identik dengan seragam putih, dengan kalung Stetoskop duduk dalam sebuah ruangan yang lengkap dengan meja konsultasi dan tempat tidur periksa, siap untuk memeriksa setiap pasien yang datang untuk berobat. Namun, berbeda dengan petugas kesehatan yang ditugaskan di Pustu (Puskesmas Pembantu) Dampar ini  Samsul Arif, Susi Susiyati dan Ayu Isrotin selain harus siap siaga melayani pasien yang datang ke Pustu mereka juga harus bergerak aktif mengunjungi masyarakat yang lokasinya tidak jarang berada di kaki bukit dengan perjalanan yang cukup memakan waktu lama dikarenakan kondisi jalanan yang berbatu besar, menanjak serta berliku.

Dampar merupakan salah satu wilayah kerja Puskesmas Bades dengan kondisi geografis berupa hamparan pantai dan perbukitan yang banyak dimanfaatkan menjadi area perkebunan coklat. Dampar merupakan salah satu wilayah yang sebagian besar masyarakatnya baru menikmati aliran listrik yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan aktifitas sehari-hari, bukan hanya itu wilayah tersebut cukup sulit dalam mendapatkan sinyal telepon, jadi tidak jarang petugas kesehatan yang bertugas di Dampar sedikit mengalami masalah dalam proses  komunikasi dan pertukaran informasi dengan Puskesmas induk.

Selasa, 8 November 2016 ini adalah jadwal tim Pustu Dampar untuk Posyandu Balita di Posyandu Adenium PTPN Krajan, peserta yang datang kurang lebih 20 peserta. Kegiatan Posyandu Balita di Posyandu Adenium seperti kebanyakan Posyandu lain berupaya mengoptimalkan fungsi 5 Meja yakni :

  1. Meja 1 : pendaftaran
  2. Meja 2 : penimbangan bayi
  3. Meja 3 : pemeriksaan KMS
  4. Meja 4 : penyuluhan
  5. Meja 5 :kegiatan pelayanan kesehatan dan pelayanan KB, imunisasi serta pemberian oralit.

Kegiatan ini dipimpin dan dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas. Kegiatan Posyandu merupakan satu dari sekian banyak tugas yang diamanahkan kepada PPD (Petugas Pembina Desa) serta dilaporkan pada Puskesmas yang kemudian diteruskan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. (awe)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang