Usia lanjut sering diikuti dengan penurunan kualitas hidup yang ditandai dengan penurunan kemampuan berbagai organ, fungsi, dan sistem tubuh. Untuk mewujudkan lansia yang sehat dan bahagia perlu adanya beberapa upaya yang dilakukan. Terkait hal tersebut, TP PKK Kabupaten Lumajang menggelar Acara Pemantapan Kesehatan Lansia Tahun 2018 yang bertempat di Panti PKK Kabupaten Lumajang, Senin (23/07/2018).

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Lumajang Ny. Ika Endah Gawat Sudarmanto menyampaikan harapan bahwa lansia di Kabupaten Lumajang nantinya menjadi lansia yang sehat, aktif dan produktif.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh kader posyandu lansia, hadir sebagai narasumber M. Chudzil Chikmat, S.Pd.I., CHt., Personal Development Coach & Mind Therapis, mengemukakan bahwa agar hidup sehat dan bahagia terdapat lima prinsip, yang terdiri dari yakin, khusyuk, ikhlas, pasrah, dan syukur. Penerapan prinsip dimaksud akan membawa pada kondisi hidup bahagia dengan sembilan indikator, yakni hati yang bersyukur, pasangan yang sholeh/sholehah, anak yang sholeh/sholehah, rumah dan lingkungan yang baik, harta yang halal dan berkah, mengenal agamanya, umur yang barokah, ilmu yang bermanfaat hingga mendapat akhir yang baik (husnul khotimah).

Dari sisi kesehatan, dengan narasumber dr. Asri nugraheni, Sp.PD., memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai “Penyakit Jantung Koroner”. Baik dari sisi pengenalan gejala, akibat, maupun edukasi bagaimana menyikapi jika timbul serangan jantung. Hal penting yang menjadi fokus adalah adanya “Golden Periode”, yakni periode waktu kurang dari 12 jam pasca serangan jantung yang menjadi penentu keberhasilan penanganan lanjutan. Asri juga menyampaikan bahwa penyakit jantung koroner sampai saat ini masih menduduki peringkat pembunuh nomor satu di dunia, sehingga sangat perlu diwaspadai.

Sejalan dengan hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, yang diwakili oleh Farianingsih, S.ST., menekankan bahwa untuk hidup sehat dan bahagia para lansia perlu mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, konsumsi buah dan sayur, serta rutin memeriksakan kesehatan. Dihimbau agar para lansia dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan baik itu Ponkesdes (Pos Kesehatan Desa), Polindes (Pondok Bersalin Desa), Puskesmas, Rumah Sakit, dan utamanya Posyandu Lansia yang ada saat ini.

Di samping itu, Dinas kesehatan juga sedang melakukan advokasi dengan RSUD dr. Haryoto untuk menerapkan Hospital Based Community Geriatric Service, Pelayanan Kesehatan Warga Lanjut usia di Masyarakat Berbasis Rumah Sakit. (Kominfo-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/