OPTIMALKAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS GUNA TINGKATKAN MUTU LAYANAN KESEHATAN

Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) merupakan garda terdepan dalam mengatasi permasalahan kesehatan di Indonesia. Penyakit-penyakit primer menjadi konsen utama Puskesmas untuk diminimalisir prevalensinya. Banyaknya variasi penyakit primer, membutuhkan pendekatan dari berbagai unit di Puskesmas untuk bekerja sama dalam memformulasi sistem yang dapat menanggulangi berbagai pendataan dan pelaporan terkait penyakit-penyakit tersebut. Sistem Informasi Puskemas menjadi salah satu elemen penting dalam pedoman manajemen Puskesmas.

Untuk mengoptimalkan Sistem Informasi Puskemas, Dinas Kesehatan melaksanakan pertemuan dalam rangka peningkatan Sistem Informasi Puskesmas (SIP) bagi pengelola SIP dari seluruh Puskesmas, pada Rabu (21/3/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Pisang Berlin Dinas Kesehatan tersebut, dibuka oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Bidang Pelayanan Kesehatan, drg. Erwan Budi Santoso.

“Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat”, ujar drg. Erwan. Peserta pada pertemuan ini berjumlah 50 orang, terdiri dari Kepala Puskesmas dan Penanggungjawab Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) dari 25 Puskesmas se-Kabupaten Lumajang.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan menjadi upaya mengawali perbaikan kinerja Puskesmas dan pengelola program pelayanan kesehatan. Sehingga target kinerja upaya pelayanan kesehatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial dan pengembangan, Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), manajemen dan mutu dapat terarah, serta integrasi antar program dapat berjalan dengan baik. Dengan optimalisasi Sistem Informasi Puskesmas ini, diharapkan dapat mendukung standarisasi pelayanan kesehatan masyarakat dalam pelaksanaan Akreditasi Puskesmas untuk mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan.(Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang