Dalam rangka memastikan pemenuhan kebutuhan makanan sehat dan gizi seimbang pada anak usia sekolah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyediaan/Pembuatan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Panti PKK, Kamis (19/07/2018). Kegiatan tersebut diikuti perwakilan Guru Sekolah Dasar (SD) dan pengelola kantin sekolah.

Anak yang sehat adalah keinginan dari semua orang. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak yaitu dengan membiasakan anak selalu mengkonsumsi makanan sehat termasuk memastikan anak makan jajajanan yang sehat ketika di sekolah. Hal tersebut penting untuk diperhatikan, karena jika asupan makanan tidak diperhatikan bukan tidak mungkin pengaruh yang kurang baik akan dirasakan anak bahkan sampai dewasa.

“Anak usia 7 sampai 13 tahun merupakan masa pertumbuhan cepat kedua setelah balita, dimana kesehatan optimal akan menghasilkan pertumbuhan yang optimal pula. Anak-anak usia ini butuh asupan makanan yang seimbang, apalagi anak dalam masa sekolah,” ujar Ny. Ika Endah Gawat selaku Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Lumajang saat membuka Bimtek tersebut.

Lebih lanjut, Ny. Ika Endah Gawat berharap pengelola kantin sekolah mampu menyajikan jajanan yang sehat dengan gizi yang mencukupi bagi anak sekolah. Ia juga meminta pengelola kantin mampu berinovasi menyajikan makanan dengan varian yang disukai anak.

“Jadi tugas panjenengan menyediakan makanan yang disukai anak-anak di kantin, sehingga tidak jajan di luar sekolah yang dikhawatirkan terdapat kandungan makanan yang tidak sehat bagi anak, seperti penggunaan pewarna yang bukan untuk makanan dan sebagainya,” harapnya. (Kominfo-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/