Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52, Pemeriksaan IVA di Puskesmas Tekung

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52, Puskesmas Tekung mengadakan ragkaian kegiatan yang kedua yaitu Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yang dilaksanakan pada tanggal 15-22 November 2016 dimulai pada pukul 08.00 sampai dengn pukul 12.00. Target sasaran untuk pemeriksaan IVA adalah waniita usia 30-50 th dengan syarat seksual aktif, sudah menikah, tidak sedang hamil, dan 24 jam sebelum pemeriksaan tidak melakukan hubungan seksual.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan terhadap leher rahim (serviks) dengn melihat langsung leher rahim yang telah diolesi dengan larutan asam asetat 3-5%. Apabila terjadi perubahan warna seperti bercak putih, maka kemungkinan terdapat kelainan pada tahap pra-kanker.

Tujuan pemeriksaan IVA yaitu untuk mengetahui adanya lesi pra kanker serviks, manfaat yang diperoleh dari pemeriksaan iva yaitu dapat mengetahui secara dini jika terdapat lesi pra kanker serviks, dan segera dilakukan penatalaksaan yang cepat dan tepat.

Dengan pemeriksaan IVA kita dapat mengetahui hasil dengan cepat dan singkat karena hasil dapat dilihat langsung jika terdapat perubahan warna pada serviks. dibandingkan dengan pap-smear  yang membutuhkan waktu lebih lama 7-10 hari untuk melihat hasilnya.