Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dalam upaya menurunkan resiko penyakit menular dan tidak menular, Pemkab Lumajang mengadakan Sosialisasi GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Sosialisasi diadakan di Pendopo Kabupaten Lumajang, Minggu (18/6).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag. Turut hadir anggota DPR RI Komisi IX Drs. Ayub Khan, Kasubid Advokasi dan Kemitraan Kemenkes RI, Sakri Sab’atmaja, S.KM, M.Si, Pimpinan OPD Pemkab Lumajang dan Tokoh Masyarakat.

Gerakan masayarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Gerakan ini lahir dari permasalahan Indonesia yang sedang mengalami perubahan pola penyakit atau yang sering disebut transisi epidemiologi, ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker dan lain – lain. Kecenderungan kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular ini menyebabkan tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan terutama pelayanan rujukan di rumah sakit.

Hal tersebut didorong oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, konsumsi buah dan sayur yang rendah serta konsumsi rokok dan alkohol. “Ini salah satu upaya, menjadikan masyarakat sadar dengan kesehatannya, sehingga diupayakan masyarakat hidup sehat dan tidak sakit”, ujar Bupati As’at.

Sebagai upaya mendorong perilaku hidup sehat, Pemkab Lumajang menggalakkan perilaku hidup sehat melalui GERMAS. “Perilaku hidup sehat ini harus terus menerus kita sosialisasikan kepada masyarakat, seperti meningkatkan aktifitas fisik teratur dan terukur, konsumsi buah dan sayur serta melakukan deteksi dini penyakit”, ujar Bupati As’at.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan juga penandatangan komitmen bersama dukungan terhadap GERMAS oleh Bupati As’at beserta perwakilan peserta sosialisasi.

 

https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHOKew%3D%3D