PEMKAB LUMAJANG LAUNCHING GERMAS DAN GEMA SANDORA

Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemkab Lumajang menggelar Sosialisasi Kebugaran Jasmani yang bertempat di Pendopo, Rabu (3/5). Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan Drs. Slamet Supriyono, M.Si, Kasubid Bina Kesehataan Perkotaan dan Olahraga . Kemenkes RI dr. Eny Riangwati Tanzil, SP.KO, Kabid Kemas Dinkes Provinsi Jatim dan Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Tutuk As’at.

Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) adalah gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas,menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan.

GERMAS difokuskan pada 3 hal pokok, yakni konsumsi buah dan sayur, melakukan aktifitas fisik dan cek kesehatan secara berkala. Untuk mengoptimalkan Germas, Dinkes Kabupaten Lumajang telah menyiapkan Gerakan Masyarakat Suka dan Sadar Berolahraga (GEMA SANDORA) ditandai dengan penandatangan Mou Germas Kab. Lumajang oleh Bupati Lumajang yang diwakili Asisten Administrasi Setda, Ketua TP. PKK Kabu. Lumajang, Dinas Kesehatan Kab. Lumajang dan Perwakilan Camat.

Kabid Kemas Dinkes Provinsi Jawa Timur Drg. MVS. Mahanani, M.Kes menyambut baik Launching GERMAS dan GEMA SANDORA yang dilakukan oleh Kabupaten Lumajang. “Saya menyambut baik Pemerintah Kabupaten Lumajang melaunching GERMAS dan GEMA SANDORA, semoga dengan launching ini bisa mengingatkan kita semua agar selalu berperilaku hidup sehat, dengan demikian akan berdampak lumajang sehat, Jawa Timur Sehat dan Indonesia Sehat”, ujar drg. Mahanani.

Lebih lanjut Drg. MVS. Mahanani, M.Kes berharap masyarakat bisa menjaga kesehatannya. “Pembangunan kesehatan kita ini mengedepankan promotif dan prefentif, artinya mencegah, supaya yang sehat tetap sehat, yang sakit cepat sembuh dan tidak sakit lagi”, katanya.

Sementara itu Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang, Drs. Slamet Supriyono mengatakan bahwa Kabupaten Lumajang menempatkan kesehatan sebagai prioritas. “Urusan kesehatan baik secara promotif, prefentif, Kabupaten Lumajang tidak mau main-main, saya yakin teman-teman tenaga kesehatan juga tidak main-main”, ujar Slamet Supriyono.

https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHOHeg%3D%3D

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang