Headline

Prosedur dan Penerbitan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

Penerbitan Sertfikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) dilakukan sebagai bentuk terlaksananya penyelenggaraan Sanitasi Depot Air Minum (DAM) yang sesuai dengan kaidah hygiene sanitasi serta perilaku hidup bersih dan sehat dalam melayani masyarakat.

Jenis pelayanan :

Permohonan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

Dasar Hukum

  1. Peraturan Menteri Kesehatan No 492/Menkes/Per/Iv/2010 tentang persyaratan kualitas air minum
  2. Peraturan Menteri Kesehatan  No 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang persyaratan kualitas air bersih
  3. Peraturan Menteri Kesehatan  No 736/Menkes/Per/IX/2010 tentang tata laksana kualitas air minum
  4. Peraturan Bupati No. 17 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan Depot Air MInum (DAM)

Persyaratan

  1. Surat permohonan penerbitan sertifikat hygiene sanitasi DAM dari pemohon
  2. Fotokopi KTP pemohon
  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm dan 4×6 cm masing-masing 2 lembar
  4. Fotokopi Sertifikat pelatihan hygiene sanitasi bagi pemilik dan penjamah masing-masing orang  1 lembar
  5. Rekomendasi dari Asosiasi Depot Air Minum
  6. Denah usaha tempat usaha

Prosedur

  1. Petugas menerima berkas permohonan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)
  2. Petugas melakukan telaah berkas permohonan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)
  3. Persyaratan administrasi tidak lengkap dikembalikan ke pemohon dan diberitahukan kekurangannya
  4. Persyaratan administrasi lengkap, petugas melakukan telaah kebutuhan kunjungan ke tempat Depot Air Minum (DAM) (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) dan pengambilan sampel air
  5. Tim melakukan kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) dan pengambilan sampel air ke tempat Depot Air Minum (DAM) paling lambat 10 hari kerja setelah berkas lengkap dengan terlebih dahulu menginformasikan tanggal kunjungan kepada pemohon
  6. Tim melakukan telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air
  7. Tim memberitahukan hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air
  8. Telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air tidak memenuhi syarat, tim memberitahukan kepada pemohon untuk dilakukan perbaikan dan tim kembali mengambil sampel air
  9. Telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air memenuhi syarat, maka dilanjutkan proses berikutnya
  10. Petugas mencetak sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)
  11. Pejabat yang berwenang mengesahkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)
  12. Petugas menyerahkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) kepada pemohon di Seksi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang
  13. Petugas melakukan dokumentasi sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) yang telah diterbitkan Catatan :
  • Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum
    (DAM) diterbitkan paling lambat 10 hari kerja
    setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan atau hasil kunjungan Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan hasil sampel air memenuhi syarat

Waktu Pelayanan

  1. Hari Senin s/d Kamis     : Pukul 08.00 – 13.30 WIB
  2. Hari Jumat       : Pukul 08.00 – 10.00 WIB

Biaya/ Tarif : Tidak ada biaya (kecuali pemeriksaan sampel air sesuai Perda)

Pengelolan Pengaduan :

Resepsionis Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang (0334- 881066)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur
Website Resmi Dinkes Lumajang