PENGAWASAN PANGAN MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI TAHUN 2015

BERBAGAI HAL DAN INFORMASI YANG MENDASARI KEGIATAN INI ANTARA LAIN :

  • MENJELANG PUASA DAN HARI RAYA IDUL FITRI TERJADI PENINGKATAN KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP PANGAN. YANG PERLU UNTUK DIPERHATIKAN PADA SAAT MEMBELI MAKANAN :
  1. FISIK (BAU, WARNA, KEMASAN TIDAK PENYOK / BERKARAT).
  2. NOMOR REGISTRASI / IJIN EDAR (MD / ML/ P.IRT/SP
  3. TANGGAL KADALUARSA.
  • BAGI TOKO / SUPERMARKET YANG MENYEDIAKAN PARCEL BERISI MAKANAN DIHIMBAU UNTUK MENYERTAKAN KARTU NAMA / TANDA PENGENAL TOKO, SEHINGGA APABILA TERNYATA DI DALAM PARCEL TERDAPAT MAKANAN YANG TIDAK LAYAK DIKONSUMSI DAPAT DIKETAHUI PEMBUAT PARCEL.
  • DALAM HAL PENGAWASAN MAKANAN DIBENTUK TIM KABUPATEN TKP2M (TIM KOORDINASI PEMBINA DAN PENGAWASAN MAKANAN) TERDIRI DARI :
  1. DINAS KESEHATAN
  2. DINAS PERINDUSTRIAN & PERDAGANGAN
  3. DINAS PASAR
  4. SATPOL PP
  5. POLRES
  • TUGAS TIM ADALAH MELAKUKAN PENYULUHAN DAN PEMBINAAN, PENGAWASAN DAN PENERTIBAN SERTA PENANGGULANGAN KEJADIAN LUAR BIASA KERACUNAN YANG DAKIBATKAN OLEH MAKANAN DAN MINUMAN.
  1. KEGIATAN YANG TELAH DAN AKAN DILAKUKAN DINAS KESEHATAN DALAM PENGAWASAN PANGAN MENJELANG IDUL FITRI TAHUN 2015 :
  2. PENGAWASAN PANGAN BERSAMA TKP2M TANGGAL 25, 26, 30 JUNI   2015 & 1, 2 JULI 2015 DI KECAMATAN LUMAJANG, SUKODONO, CANDIPURO, KLAKAH, PASIRIAN, TEMPEH, JATIROTO, SENDURO, YOSOWILANGUN, DAN ROWOKANGKUNG.
  3. MEMASANG SPANDUK TENTANG KEAMANAN PANGAN PADA TEMPAT-TEMPAT STRATERGIS DI 21 KECAMATAN
  4. PENGAWASAN PEREDARAN OBAT DAN MAKANAN OLEH DINKES LUMAJANG BERSAMA BALAI BESAR POM SURABAYA PADA TANGGAL 25 & 26 JUNI 2015