Headline

Penghargaan Nasional Kehehatan Haji Lumajang

Pembinaan Kesehatan Haji Terbaik Tingkat Nasional Tahun 1435 H/2014 M untuk Dinkes Kab. Lumajang

Musim haji 1435 H atau tahun 2014 ini tim haji Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mendapat kado istimewa “PUSKESHAJI AWARD” dari Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kategori “Pembinaan Kesehatan Haji Terbaik Tingkat Nasional Tahun 1435 H/2014 M”.Proses Pemeriksaan Kesehatan haji

Puskeshaji AwardPenghargaan tersebut tercapai tentunya berkat kerjasama yang baik dari semua pihak yang terlibat pada “gawe” besar ini. Apresiasi tinggi ini didedikasikan selain untuk Dinas Kesehatan, juga untuk jajaran Kementerian Agama dan Puskesmas se wilayah Kab. Lumajang.

Berdasarkan data yang ada, untuk tahun 2014 ini tercatat 710 jamaah. Dari jumlah sekitar 30% merupakan jamaah kategori resiko tinggi. Kategori ini diberikan pada jamaah dengan catatan medis, misalnya karena terkait tekanan darah, usia, catatan penyakit tertentu, dan lainnya. Berdasarkan data yang diperoleh selama pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini, kemudian dilakukan pembinaan kesehatan kepada jamaah haji, misalnya dengan melakukan latihan fisik pengaturan pola makan sebelum dan selama proses pelaksanaan ibadah haji.Pemeriksaan kesehatan Haji

Meskipun dengan berbagai data base jamaah diatas, output pembinaan kesehatan haji kabupaten Lumajang termasuk dalam kategori terbaik nasional. Sebagaimana kita ketahui, pemeriksaan kesehatan jamaah haji dilakukan sesuai protokol standar profesi kedokteran meliputi pemeriksaan medis dasar yang meliputi Anamnesis, Pemeriksaan fisik, Pemeriksaan penunjang, Penilaian kemandirian, serta Tes kebugaran. Bahkan sesudah jamaah kembali pun dilakukan pemantauan status kesehatan oleh tenaga Puskesmas.

Memang tahun ini, Alhamdulillah seluruh jamaah haji Kab. Lumajang kembali dengan selamat. Tercatat, tidak ada seorangpun jamaah yang meninggal dunia selama menunaikan ibadah haji. Dan salah satu indikator yang digunakan untuk penilaian penghargaan ini misalnya terkait angka kematian, juga angka kesakitan dan pembinaan dan pelayanan kesehatan kepada jamaah selama di Arab Saudi yang terkelola dengan baik (MA)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang