Untuk menginformasikan aturan serta pelaksanaan teknis pengelolaan air limbah domestik kepada aparatur daerah dan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Bagian Hukum Setda menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, bertempat di ruang Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang, Rabu (25/7/2018).

Sosialisasi ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang, pemerhati sanitasi (Sanitarian), pengusaha properti, perguruan tinggi dan sejumlah elemen masyarakat.

Plt. Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Lumajang Akhmad Taufik Hidayat saat membuka acara mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan upaya untuk memberikan informasi tentang aturan dan pelaksanaan teknis pengelolaan air limbah domestik yang benar dan tepat bagi aparatur daerah maupun masyarakat.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, limbah cair domestik adalah limbah yang meliputi limbah rumah tangga, restoran maupun rumah sakit. Menurutnya, selama ini banyak masyarakat yang masih belum mengetahui tata cara untuk mengelola limbah cair, dimana hal itu akan dapat berdampak negatif bagi lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

“Untuk itu, pemahaman stakeholder dan maksyarakat harus diperkuat melalui sosialisasi ini, tentang bagaimana mengelola sanitasi secara baik dan benar. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang seenaknya memasang pipa septic tank yang terhubung dengan saluran pembuangan air limbahnya”, ujarnya.

Sosialisasi ini bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS (Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua) dan menghadirkan narasumber dari Plt. Kepala Bagian Hukum Setda Kab. Lumajang Akhmad Taufik Hidayat, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Endah Mardiana, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda Kab. Lumajang Retno Wulan Andari.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Dokumentasi Hukum Bagian Hukum Setda Kabupaten Lumajang Catur Prayogi dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada stakeholder terkait dan masyarakat terkait adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Lumajang.

Dirinya berharap, sosialisasi ini bisa memberikan sebuah pemahaman kepada aparatur daerah dan masyarakat. Sehingga, Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik  ini bisa mengarahkan dan menumbuhkan kesadaran bagi aparatur dan masyarakat untuk mengelola air limbahnya secara baik dan benar, khususnya dalam sanitasi.

sanitasi. (Kominfo-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/