PONKESDES BESUK MASUK 5 NOMINASI PONKESDES BERPRESTASI SE-JATIM

Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) merupakan sarana pelayanan kesehatan yang berada di desa atau kelurahan yang merupakan pengembangan dari Pondok Bersalin Desa (Polindes) sebagai jaringan Puskesmas dengan tenaga minimal perawat dan bidan dalam rangka mendekatkan akses dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Sebagai penyelenggara layanan kesehatan, Ponkesdes harus memberikan layanan yang berkualitas. Dan Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi kepada Ponkesdes dengan melaksanakan Pemilihan Ponkesdes Berprestasi.

Hari ini, Selasa (12/09/2017), Kabupaten Lumajang menerima kunjungan Tim Penilai Ponkesdes Berprestasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang melakukan kunjungan lapangan ke Ponkesdes Besuk Puskesmas Gesang di dampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, drg. Rina Dwi Astuti M.Kes. Kunjungan tersebut terkait dengan terpilihnya Ponkesdes Besuk sebagai Nominasi Ponkesdes Berprestasi se-Jawa Timur.

Ponkesdes Berprestasi adalah Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) yang memiliki ukuran baku dan tolak ukur penyelenggaraan pelayanan dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan melebihi standart yang telah ditetapkan.

Ponkesdes Besuk menjadi wakil Kabupaten Lumajang setelah melalui proses seleksi di tingkat Kabupaten. “Proses seleksi Ponkesdes Berprestasi melalui beberapa tahapan. Setiap Ponkesdes di Kabupaten Lumajang dapat mengajukan diri untuk mengikuti ajang Ponkesdes Berprestasi dengan mengirim Self Assessment ke Dinkes Kabupaten Lumajang. Kemudian Dinkes turun lapangan untuk memverifikasi kecocokan Self Assessment yang telah dikirim. Setelah itu yang terbaik lanjut ke tingkat provinsi”, ujar Rina Dwi Astuti.

Ponkesdes Besuk memiliki penilaian lebih untuk persyaratan standart administrasi dan manajemen, standart sumber daya serta indikator kinerja Ponkesdes. Tercapainya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Ponkesdes sebagai dampak dari pelayanan yang berjalan sesuai standart. Ponkesdes Besuk mempunyai gerakan inovasi kerja SEMANGAT yaitu Semua Masyarakat Besuk Tanggap Kesehatan. Selain itu upaya promotif dan preventif lebih ditonjolkan selain menjalankan upaya kuratif.

Setelah melakukan kunjungan lapangan, Tim Penilai Ponkesdes Berprestasi mengungkapkan bahwa pelayanan yang ada di Ponkesdes Besuk sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki lagi. Jika Ponkesdes Besuk menjadi juara dapat dijadikan acuan oleh Ponkesdes lain untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Sehingga diharapkan setiap Ponkesdes di Kabupaten Lumajang memiliki pelayanann kesehatan yang aman, bermutu, efektif dan efisien guna mewujudkan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (Dinkes-lmj)

Also Publish  on : https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHSGfg%3D%3D