Optimalkan Tenaga Promkes Melalui Bimtek Pengelolaan Blog

Cara cerdas dalam strategi pemasaran program kesehatan, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Kesehatan mengadakan Bimtek Pengelolaan Blog dalam upaya Penyebarluasan Informasi Kesehatan. Acara yang digelar selama 2 hari mulai tanggal  itu  1 – 2  november  2016  di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang itu sangat penting guna mendukung keberhasilan seluruh program  dan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan, Bimtek ini diikuti oleh Pengelola Program Promosi Kesehatan Puskesmas se Kabupaten Lumajang. Sementara Narasumber kegiatan  berasal dari SMKN I Lumajang dan  Dadang Kriswanto  dari lembaga training untuk semua.pelatihan-blog bagi tenaga promke3s luamajng

Seperti yang disampaikan  oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Dr. Bayu Wibowo, IGN dalam sambutannya, petugas promkes  memiliki peran yang cukup vital dalam upaya penyebarluasan informasi kesehatan melalui media internet, dengan  bekal pengetahuan dan pengalaman yang cukup diharapkan mereka mampu mengedukasi masyarakat secara luas melalui  blog. Lebih lanjut dr. Bayu menyampaikan “ Saya menyambut dengan baik kegiatan ini, karena media  online/modia sosial dalam bentuk web ataupun blog adalah strategi yang sangat kuat dan relevan untuk pemasaran program kesehatan”. Sebagaimana diketahui , bahwa dalam melakukan aktifitas promosi kesehatan tidak terlepas dari  media yang digunakan. media harus relevan dan sesuai dengan kondisi yang ada. saat ini, bentuk media komunikasi visual telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Tenaga Promkes Puskesmas tidak boleh ketinggalan zaman, harus bisa menjual informasi , dan menjadi pelaku aktif, salah satunya harus bisa menulis berita yang menarik untuk dibaca, paham sasaran    dan itu ada ilmunya, ilmunya ada pada Bimtek ini” pungkasnya.

Sementara itu  ditempat terpisah,Dra. Ria Cancerina, MM, selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat  mengatakan, bahwa  keberhasilan upaya kesehatan masyarakat sangat ditentukan oleh kemampuan sumberdaya manusia tenaga kesehatan yang ada, peningkatan profesionalisme dan kemampuan ini dapat berkembang diantaranya melalui bimtek, selain pengalaman tenaga kesehatan di lapangan. Ketrampilan pengelolaan blog, ketrampilan membuat artikel  ditambah dengan ketrampilan dasar jurnalis, dan fotografi menjadi kompetisi yang melekat pada seorang tenaga promkes dan dari hasil Bimtek ini Tenaga Promosi Kesehatan bisa membuat dan mengelola Blog, membuat artikel serta mempublikasikannya, dan tak kalah pentingnya  memanfaatkan blog sebagai media informasi kesehatan” jelasnya .