Headline

PROSEDUR DAN PERSYARATAN PENERBITAN REKOMENDASI IZIN APOTEK

DASAR HUKUM :

  1. Keputusan Menteri Kesehatan No: 1332/Menkes/SK/X/2002 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek
  2. Peraturan Menteri Kesehatan No. 09 tahun 2017 tentang Apotek
  3. Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bidang Kesehatan
  4. Keputusan Bupati Lumajang Nomor : 188.45/33/427.12/2019 tentang Pendelegasian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

PERSYARATAN :

  1. Fotokopi NIB
  2. Fotokopi Ijazah Apoteker
  3. Fotokopi STRA Apoteker
  4. Foto kopi KTP
  5. Foto kopi peta lokasi dan denah bangunan
  6. Surat rekomendasi dari IAI yang menyatakan antara lain :
    1. Kemampuan fisik dan mental yang didasarkan atas keterangan dokter
    2. Memiliki kemampuan keilmuan dan ketrampilan kefarmasian yang didasarkan atas sertifikat pendidikan farmasi berkelanjutan
    3. Memiliki moralitas dan etika yang baik untuk melakukan tugas sesuai dengan kode etik profesinya
  7. Surat yang menyatakan status bangunan dalam bentuk akte hak milik/sewa/kontrak
  8. Daftar Tenaga Teknis Kefarmasian dengan mencantumkan nama, alamat, tanggal lulus, pengalaman kerja dan nomor Surat Izin Kerja Tenaga Teknis Kefarmasian (SIKTTK)
  9. Daftar prasarana, sarana dan peralatan apotek
  10. Surat pernyataan dari Apoteker Pengelola Apotik bahwa tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi dan tidak menjadi Apoteker Pengelola Apotik lain
  11. Surat rekomendasi atasan, bila bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan
  12. Fotokopi akte perjanjian kerja sama Apoteker Pengelola Apotik dengan Pemilik Sarana Apotik
  13. Surat pernyataan pemilik sarana bahwa :
    1. Tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan dibidang obat/sediaan farmasi lain
    2. Kesanggupan bahwa tidak akan melaksanakan penjual-belian obat yang melanggar Peraturan Perundang-undangan yang berlaku

PROSEDUR :

  1. Petugas menerima berkas permohonan rekomendasi izin apotek
  2. Petugas melakukan telaah berkas perizinan
  3. Persyaratan administrasi tidak lengkap dikembalikan ke DPMPTSP dan diberitahukan kekurangannya
  4. Persyaratan administrasi lengkap, petugas melakukan telaah kebutuhan kunjungan tempat praktik (penilaian tempat praktik)
  5. Tim melakukan kunjungan lokasi paling lambat 5 hari kerja setelah berkas lengkap dengan terlebih dahulu menginformasikan tanggal kunjungan (minimal 1 hari sebelum kunjungan) kepada pemohon
  6. Tim melakukan telaah hasil kunjungan lokasi
  7. Tim memberitahukan hasil telaah kunjungan lokasi
  8. Telaah hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis, tim memberitahukan kepada pemohon untuk dilakukan perbaikan maksimal dalam waktu 30 hari
  9. Telaah hasil kunjungan lokasi memenuhi syarat teknis maka dilanjutkan proses berikutnya
  10. Petugas mencetak surat rekomendasi izin apotek
  11. Pejabat yang berwenang mengesahkan surat rekomendasi izin apotek
  12. Petugas melakukan dokumentasi surat rekomendasi izin apotek yang telah diterbitkan, Petugas menyerahkan surat rekomendasi izin apotek kepada DPMPTSP

Catatan :

13. Surat rekomendasi izin apotek diterbitkan paling lambat 2 hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan/atau hasil kunjungan lapangan dinyatakan memenuhi standar

14. Hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis dan tidak ada tindak lanjut dari pemohon melebihi 3 bulan dari tanggal permohonan, dinyatakan batal dan harus mengajukan permohonan baru

Formulir Permohonan Rekomendasi Izin Apotek dapat didownload disini

WAKTU PELAYANAN :

  1. Hari Senin s/d Kamis    : Pk. 08.00 – 14.00 WIB
  2. Hari Jum’at                     : Pk. 08.00 – 11.00 WIB

BIAYA/TARIF :

Tidak ada biaya (gratis)

PRODUK :

Surat Rekomendasi Izin Apotek

INFORMASI DAN SARAN/PENGADUAN :

Telp                : (0334) 881066/085339116116

Website          : dinkes.lumajangkab.go.id

Email              : dinkes@lumajangkab.go.id

Sosmed         : @dinkeslumajang

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur
Website Resmi Dinkes Lumajang