Headline

PROSEDUR DAN PERSYARATAN PENERBITAN REKOMENDASI IZIN OPERASIONAL OPTIK

DASAR HUKUM :

  1. Keputusan Menteri Kesehatan No: 1424/Menkes/SK/XI/2002 tentang Penyelenggaraan Optikal;
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Optik

PERSYARATAN :

  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB);
  2. Surat permohonan asli;
  3. Salinan/foto copy STR dan SIP penanggung jawab dan seluruh tenaga kesehatan yang ada;
  4. Salinan / foto copy KTP;
  5. Foto copy akte pendirian badan hukum/badan usaha bagi pemohon;
  6. Surat yang menyatakan status bangunan dalam bentuk akte hak milik/sewa/kontrak (badan hukum);
  7. Surat pernyataan sanggup dan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sanggup menerima sanksi;
  8. Struktur Organisasi dan uraian tugas;
  9. Rekomendasi dari asosiasi optikal setempat;
  10. Profil Optik;
  11. Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan;
  12. Denah lokasi dan denah bangunan;
  13. Data jenis-jenis layanan;
  14. Alur pelayanan;
  15. Daftar tarif yang akan diberlakukan;
  16. Daftar tenaga kerja dengan mencantumkan nama, alamat, tanggal lulus, pengalaman kerja  dan  Nomor Surat Izin Praktik (SIP);
  17. Daftar terperinci alat kesehatan (izin edar, uji fungsi dan kalibrasi);
  18. Sarana dan prasarana perlengkapan;
  19. Surat pernyataan kesediaan penanggung jawab;
  20. Dokumen Pengelolaan Lingkungan/SPPL;
  21. Pencatatan dan Pelaporan (bagi perpanjangan);
  22. Foto copy izin yang sudah akan habis masa berlakunya (bagi perpanjangan);
  23. MoU dengan Laboratorium Optik yang bekerjasama.

PROSEDUR :

  1. Pemohon datang ke bagian perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  2. Pemohon menyerahkan berkas lengkap;
  3. Pemeriksaan/ penelitian kelengkapan dan kebenaran administrasi berkas permohonan paling lambat 14 hari kerja;
  4. Pemeriksaan sarana di lapangan berdasarkan standart dan persyaratan (Pra Visitasi dan Visitasi) oleh Tim Pembinaan dan Pertimbangan Teknis Perizinan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang;
  5. Hasil pemeriksaan lapangan berupa Berita Acara paling lambat 10 hari kerja;
  6. Perbaikan Berita Acara dikirimkan ke Dinas Kesehatan oleh pemohon paling lambat 14 hari kerja;
  7. Pengkajian hasil perbaikan Berita Acara ;
  8. Penerbitan Rekomendasi Izin Operasional Optik.

WAKTU PELAYANAN :

  1. Hari Senin s/d Kamis       : Pukul 08.00 – 14.00 WIB
  2. Hari Jumat                         : Pukul 08.00 – 11.00 WIB

BIAYA/TARIF :

Tidak ada biaya

PRODUK :

  1. Surat hasil Berita Acara Visitasi
  2. Surat Rekomendasi/Tidak direkomendasi Izin Operasional Optik

INFORMASI DAN SARAN/PENGADUAN :

Telp                      : (0334) 881066/085339116116

Website                : dinkes.lumajangkab.go.id

Email                    : dinkes@lumajangkab.go.id

Sosmed                : @dinkeslumajang

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur
Website Resmi Dinkes Lumajang