Headline

PUSKESMAS GUCIALIT GANDENG LINTAS SEKTOR TURUNKAN ANGKA BALITA STUNTING

 

Balita stunting adalah balita yang memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya dengan disertai kekurangan gizi kronis dan status intelektual yang rendah. Masalah ini menjadi ancaman serius generasi masa depan bangsa sehingga sedini mungkin harus segera dicari solusinya. Oleh karenanya, Puskesmas Gucialit mengadakan pertemuan Focus Grup Discussion (FGD) di Balai Desa Kertowono Kecamatan Gucialit, Senin (15/5/2018).

Pertemuan tersebut dihadiri 30 peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, Dinas Pertanian, petugas PKH, Pemerintah Kecamatan Gucialit, Babinsa, Tokoh masyarakat, dan Puskesmas yang bertindak sebagai fasilitator.

Penanggungjawab program Gizi Puskesmas Gucialit Marwadhani Asri melaporkan masalah gizi dapat dientaskan secara mandiri. “Desa Kertowono sangat berpotensi mengentaskan masalah gizi secara mandiri bersumber swadaya”, ujarnya.

Saat membuka acara, Kepala Desa Kertowono Sutiyo  menyampaikan para kader diminta untuk melaporkan segera apabila ada balita gizi kurang, gizi buruk dan stunting untuk diusulkan dalam anggaran Alokasi Dana Desa (ADD). Disamping itu, Ia juga mengharapkan peran aktif Babinsa dalam memberikan masukan dan kritik.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gucialit dr. Ima Rifiyanti menuturkan bahwa FGD merupakan langkah awal pelaksanaan program untuk menstimulasi kemandirian desa dalam mengenali masalah gizi di desa masing-masing.

FGD tersebut menghasilkan kesepakatan yakni akan dilaksanakan Inovasi Kegiatan TAMAN GIZI yang didanai ADD yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2018. Beberapa kegiatan yang terangkum dalam TAMAN GIZI antara lain makan bersama makanan padat gizi sesuai rencana menu, demo masak, emodemo gizi, sosialisasi kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi PHBS dan CTPS.

Kegiatan TAMAN GIZI ini merupakan salah satu tindak lanjut dari tiga prioritas utama permasalahan kesehatan nasional tahun 2018, antara lain penurunan angka stunting, pengobatan dan eliminasi tuberkulosis, serta peningkatan cakupan dan mutu imunisasi untuk mewujudkan masyarakat Lumajang yang lebih sehat berkualitas. (Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang