Rencana Operasional Germas Tahun 2019

Pemkab Susun Rencana Operasional Germas Tahun 2019

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Sebagai upaya mengoptimalkan program Germas dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Kesehatan mengadakan acara Pertemuan Penyusunan Rencana Operasional Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Bersama Lintas Sektor (Lokus tahun 2019), bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Lumajang, Senin (18/3/2019).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dr. Rosyidah saat membuka acara mengatakan, saat ini Indonesia telah mengalami perubahan pola penyakit dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan penyakit lain-lain.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah dan masyarakat. Menurutnya, tanpa adanya upaya yang signifikan, maka kecenderungan kesakitan, kematian, dan permintaan pelayanan kesehatan akan terus meningkat.

“Meningkatnya kasus ini (penyakit tidak menular, red) disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, rendahnya minat untuk mengonsumsi buah dan sayur, serta konsumsi rokok dan alkohol,” ujarnya.

Disamping itu, dr. Rosyidah juga mengungkapkan bahwa dengan terus menerus melakukan upaya promotif dan preventif melalui Germas, peningkatan angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular dapat dicegah secara efektif.

“Kami berharap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dapat dijadikan sebagai panduan bagi lintas sektoral untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat,” ungkapnya.

Selain itu, diungkapkan dr. Rosyidah, dengan terselesaikannya susunan rencana operasional Germas, diharapkan agar dapat meningkatkan peran lintas sektoral dalam Germas dan Informasi Pedum (pedoman umum) tentang program Germas dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. (Dinkes, Kominfo-lmj)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang