PUSKESMAS SE-KABUPATEN LUMAJANG LAKSANAKAN REPLIKASI SUSI

Dalam rangka pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) termasuk didalamnya adalah perbaikan kesehatan, maka dibutuhkan perencanaan pembangunan kesehatan yang terpadu dari beberapa sektor terkait. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi dalam proses persalinan.

Dalam upaya mendorong penurunan angka kematian ibu dan bayi, Kabupaten Lumajang mencanangkan program inovasi Suami Siaga (SUSI) yang dilaksanakan di wilayah Puskesmas Gucialit sejak tahun 2014. Program SUSI di Gucialit sukses dijalankan dan telah mendapatkan Top 25 inovasi pelayanan publik tingkat nasional.
Dilatarbelakangi keberhasilan tersebut, Pemkab Lumajang melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Replikasi Gerakan Suami Siaga Di Puskesmas, Rabu (13/9) bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Gajah Mada Lumajang.

Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Program SUSI mendapat dukungan dari stakeholder yang terkait dan respon yang baik dari masyarakat. Sehingga Program SUSI akan dilanjutkan dengan Replikasi Program SUSI untuk 24 Puskesmas pada 20 Kecamatan se-Kabupaten Lumajang yang belum melaksanakan Program tersebut.

Selanjutnya, untuk tahun 2018 Replikasi Program SUSI akan dijalankan dengan modifikasi dan disesuaikan dengan permasalahan dan kondisi masyarakat di masing-masing wilayah Puskesmas. (Dinkes-lmj)

Telah dimuat juga di : https://portalberita.lumajangkab.go.id/detail_berita.php?id=aHSGfw%3D%3D